Permintaan Angkutan Peti Kemas dengan KA Tinggi, Relasi Waru-Jakarta jadi Sehari Sekali

Kereta angkut peti kemas dengan loko CC 206 12

– Permintaan angkutan peti kemas dengan menggunakan (KA) terus meningkat. Salah satu penyebabnya, waktu pengiriman menggunakan armada KA lebih singkat.

Manajer Angkutan (KAI) Daerah Operasi (Daops) 8 Sujarwo mengatakan, penambahan armada untuk peti kemas menjadi fokus perseroan. Sebab, permintaannya tinggi. “Terutama jalur . Bahkan, kami sampai menambah relasi untuk rute Waru–Jakarta mulai minggu ini. Dari sebelumnya dua hari sekali menjadi sehari sekali,” terang Sujarwo kemarin (12/9).

Hingga sekarang jumlah relasi untuk kereta peti kemas sebanyak sembilan dari Jakarta menuju Surabaya dengan tujuan Waru, Kalimas, dan Benteng. Sedangkan untuk angkutan kargo, baru ada dua relasi dari Pasar Turi menuju Jakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan kereta peti kemas, PT KAI akan mengoperasikan tujuh lokomotif. Selain itu, KAI menyiapkan 200–300 khusus di wilayah . Jumlah tersebut merupakan bagian dari yang dilakukan KAI dengan total 600 datar.

Tingginya permintaan tidak terlepas dari waktu pengiriman yang relatif lebih singkat. Apalagi, ada double track yang menunjang angkutan peti kemas. “Pemakaian kereta api membuat menjadi lebih efisien, terutama dari segi waktu. Nah, dengan adanya double track, lama juga menjadi lebih pendek, dari 18 jam menjadi 15 jam,” tambahnya. (res/c9/agm/jpnn)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.