Permudah Akses Danau Toba, KAI Tambah Frekuensi Kereta Medan-Pematangsiantar

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro - detak.co
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro - detak.co

Jakarta – Setelah Danau Toba yang terletak di ditetapkan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, meminta PT Indonesia (KAI) untuk menambah frekuensi kereta api dari Medan ke Pematangsiantar.

Untuk mempermudah akses wisatawan ke Danau Toba, maka perjalanan KA yang sebelumnya hanya 1 kali sehari akan segera ditambah menjadi 3 kali sehari. “Ini baru satu kali perjalanan selama ini, nanti jadi tiga kali, jadi enam kalau pulang-pergi, jadi tiga-tiga, ya tiga kali PP (pulang-pergi),” jelas Direktur , Edi Sukmoro, Rabu (5/4).

“Ya, ini untuk bisa menambah pilihan para wisatawan mengakses Danau Toba. Ini kan jadi salah satu destinasi wisata,” imbuhnya. Untuk mendukung tercapainya rencana ini, KAI dan pemerintah akan melakukan sejumlah pembenahan. Sementara itu pihak KAI akan mendatangkan 2 trainset baru.

“Sambil jalan nanti apa yang perlu dimaksimalkan kita maksimalkan. Cuman karena memang nambah frekuensi jadi kita datangkan kereta tambahan saja. Baru dua. Kita masih hitung kecepatannya, karena nanti akan PSO (public service obligation),” paparnya.

Akses jalan ke Danau Toba sendiri sudah tersedia, yaitu dari Medan-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat dan rencananya segera dibuka sebelum 2017 atau sebelum akhir Juni. Sayangnya untuk urusan kereta Medan-Siantar masih belum ditentukan, sebab KAI masih menghitung ongkos produksi dan berapa biaya yang dibebankan untuk tiap .