Peron Stasiun Gorakhpur India Tercatat Sebagai yang Terpanjang di Dunia

Peron Stasiun Gorakhpur 2
Gorakhpur
sumber : wowkeren

berhasil mencatatkan negaranya sebagai negara yang memiliki peron di dunia. Hal ini diumumkan oleh Direksi Perkeretaapian pada Senin, 7 Oktober 2013.

“Aku mengucapkan selamat kepada masyarakat Gorakhpur. Selamat atas pencapaian sebagai kota dengan peron terpanjang sedunia, “ucap KK Atal, staff Senior Direksi Perkeretaapian India.

Peron Stasiun Gorakhpur 1
Peron Stasiun Gorakhpur
sumber : wowkeren

Stasiun Gorakhpur ini membuat dua jalur kereta dengan 26 sekaligus. Panjang peron di stasiun ini mencapai 1366 meter. Rekor ini hanya tercatat ini Limca Book Records dam akan diajukan ke Guiness Book of Records untuk diverifikasi tingkat dunia.

Sebelum rekor yang kali ini dicatat,Iindia pernah mencatatkan pula rekor yang sama dengan Stasiun Kharagpur di kota Bengal Barat. Peron stasiun tersebut mencapai 1072 meter atau lebih pendek 294 meter dari stasiun Gorakhpur. Sementara itu peringkat ketiga ditempati oleh stasiun bawah tanah State Street Centre di Chicago dengan panjang 1067 meter dan posisi selanjutnya Stasiun Cheriton Shuttle Terminal di Inggris dengan panjang 791 meter.

Stasiun Gorakhpur ini merupakan stasiun untuk banyak turis lokal maupun asing yang akan mengunjungi beberapa situs Budha. Nama Gorakhpur ini diambil dari seorang pertapa yang mengenalkan teknik yoga, Guru Gorakshnath.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.