Perpanjang Relasi KA Siliwangi, KAI Uji Coba Jalur Cianjur-Ciranjang

Saridal, Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi II Bandung - swarapublik.com
Saridal, Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi II Bandung - swarapublik.com

PT Api Indonesia () mulai melakukan uji coba kereta api -Ciranjang. Ini adalah lama yang direhabilitasi lagi, dengan menggunakan komponen baru dan perbaikan konstruksi. Jika tersebut layak digunakan, menurut rencana, rute KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cianjur akan diperpanjang hingga Ciranjang.

“Rute kereta tersebut merupakan jalur lama yang direhabilitasi lagi. Senin (22/7) ini, PT KAI menguji lintasan jalur tersebut dengan menggunakan lokomotif,” ujar Executive Vice President PT KAI DAOP 2 Bandung, Saridal, dilansir Tempo. “Kemudian, uji coba jalur sepanjang 15 km tersebut akan dilanjutkan dengan menggunakan rangkaian kereta.”

Rencana menghidupkan lagi jalur kereta Cianjur-Ciranjang merupakan bagian dari PT KAI untuk membuka jalur kereta dari Sukabumi-Cianjur-Ciranjang yang akan diteruskan dengan membangun rel baru dari Ciranjang menuju Padalarang. Nantinya, kereta dari Padalarang akan diteruskan hingga menuju Kota Bandung.

“Sebelumnya, rencana yang paling digaungkan adalah empat jalur kereta yang sudah nonaktif sejak puluhan tahun lalu di , misalnya jalur -Garut sepanjang 19,5 km,” sambung Saridal. “Jalur Garut ini akan dikoneksikan dengan jaringan kereta api yang melewati , Bandung, Purwakarta, bahkan sampai ke .”

Manager Humas PT KAI DAOP 2 Bandung, Noxy Citrea Bridara, menambahkan, layanan kereta api Siliwangi relasi Sukabumi-Cianjur rencananya akan diperpanjang hingga Ciranjang jika jalur Cianjur-Ciranjang sudah tuntas pengujiannya. Namun, pengoperasian jalur ini masih belum fix karena masih dalam tahap uji coba.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, menuturkan bahwa penghidupan kembali jalur kereta api Ciranjang-Padalarang memang diperkirakan akan lebih cepat dari reaktivasi empat jalur yang ramai didengungkan. Jalur Cibatu-Garut nantinya dapat dilanjutkan ke Cikajang sepanjang 28,2 km, Bandung-Ciwidey sepanjang 37,8 km, Rancaekek-Tanjungsari sepanjang 11,5 km, dan Banjar-Pangandaran-Cijulang sepanjang 82 km.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*