Porong : Rel Putus, Kereta Melaju dengan Kecepatan 5km/jam

rel porong km 32230 putus
kondisi rel di km 32.230
sumber: detikcom

Sidoarjo – Kamis, 04 Juli 2013 pukul 05.00 WIB rel di Desa Ketapang putus. Bagian rel yang putus terletak di km 32.230 Desa Ketapang di depan pos penjagaan Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Penyebab rel putus ini diduga karena kondisi rel sudah berkarat dan akhir-akhir ini rel kereta di daerah ini sering direndam banjir akibat luapan dari lumpur Lapindo.

Putusnya ini diketahui oleh petugas Penjaga Jalur Lintasan (PLJ), Faktur (31). Petugas mengetahui hal ini saat dia sedang bertugas di perlintasan Desa Ketapang sekitar pukul 05.00 WIB. Awal mulanya diketahuinya rel ini putus dari laporan masinis KA Penataran jurusan Malang – Surabaya, saat melewati bagian rel ini, rel ini bergoyang.

“Saat itu ada KA Penataran dari Malang-Surabaya melintas pagi tadi. Ternyata kondisi rel bergoyang dan setelah diperiksa rel-nya putus,” jelas Faktur kepada detikcom.

Akhirnya petugas melaporkannya ke Tanggulangin untuk memberikan penanganan pada rel yang putus. Setelah itu datanglah tim yang akan memandu perjalanan kereta api dan sekaligus memperbaikinya. Pihak menurunkan 8 petugasnya untuk melakukan perbaikan dan pengelasan.

Sekitar pukul 08.15 WIB masih banyak petugas yang melakukan perbaikan dan pengelasan pada rel yang putus. Sebagian petugas yang lain memandu kereta yang lewat selanjutnya. Petugas meminta masinis untuk menjalankan keretanya dengan kecepatan 5 km per jam hingga perbaikan rel ini selesai dilakukan.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.