Pemudik Bisa Dapatkan Vaksin Booster & Antigen Gratis di Posyan Stasiun Malang Kota Baru

Vaksin Gratis untuk Penumpang - www.schroders.com
Vaksin Gratis untuk Penumpang - www.schroders.com

Malang – Calon pemudik yang akan naik di Baru Malang kini tidak perlu kebingungan jika ingin memperoleh booster atau melakukan rapid test antigen. Pasalnya, sudah tersedia pos dengan pemeriksaan penuh yang dapat dimanfaatkan.

Pihak Polresta Malang Kota telah mendirikan Pos Pelayanan (Posyan) di sebelah Taman Trunojoyo, depan Stasiun Kota Baru Malang. Pos tersebut melayani vaksinasi booster maupun tes antigen untuk calon kereta api selama arus sampai arus balik , sejak tanggal 28 April – 9 Mei 2022.

Pos ini melayani pemeriksaan kesehatan selama 24 jam dengan petugas kesehatan berjaga secara bergilir. Masyarakat dapat suntik vaksin booster atau tes antigen sebelum mudik dengan KA ke kampung halamannya. “Bagi calon penumpang kereta api yang belum sempat vaksin booster, bisa ke pos ini. Kalau mau tes antigen juga bisa, ,” jelas Agustin, salah satu tenaga kesehatan di Posyan Stasiun Malang, Kamis (28/4), seperti dikutip dari Liputan6.

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Janti, Dinas Kesehatan Kota Malang tersebut mengungkapkan, pada hari pertama pos pelayanan dibuka, sejak Kamis pagi sampai petang, sudah ada 53 orang yang memanfaatkan layanan. pengguna terdiri dari 27 orang suntik vaksin booster dan 26 orang tes antigen.

Mobil ambulans juga disediakan untuk membantu pelayanan di posyan Stasiun Malang. Apabila hasil tes antigen menunjukkan positif, maka secara prosedur pasien akan diarahkan untuk menjalani isolasi di RS Lapangan Ijen. Pasien juga dapat diantar ke rumah jika memilih isolasi mandiri. “Itu prosedur penanganan yang kami berlakukan ke calon penumpang setelah menjalani tes antigen bila hasilnya positif,” papar Agustin.

Stok vaksin dan tes antigen di posyan disediakan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Malang. Posyan Stasiun Baru Malang pun selalu menjalin koordinasi dengan otoritas kereta api. Dengan demikian, calon pemudik dapat memperoleh vaksin booster dan tes antigen sebagai syarat perjalanan mudik di posyan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menuturkan, posyan di Stasiun Baru Malang adalah satu-satunya posyan yang dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan, vaksinasi booster, hingga tes antigen untuk calon pemudik. “Jumlah vaksin maupun tes antigen menyesuaikan, bisa evaluasi setiap harinya,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*