PPKM Level 3, Ini Jadwal Naik KRL untuk Penumpang Lansia

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba
Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba - tribunnews.com

JAKARTA – KAI Commuter menetapkan khusus bagi lanjut usia jika ingin menggunakan KRL Jabodetabek selama PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan ) Level 3 di Jakarta dan sekitarnya. Penumpang lansia hanya boleh naik KRL mulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Jadwal yang sama juga berlaku untuk penumpang yang membawa barang bermuatan.

“Lansia dan pengguna dengan barang bawaan besar hanya diizinkan menggunakan KRL pada pukul 10.00 sampai 14.00 WIB atau di luar jam sibuk,” terang VP Corporate KAI Commuter, Anne Purba, dilansir dari Tribun Jakarta. “Sementara itu, anak berusia di bawah 5 tahun atau balita hingga saat ini masih belum diperbolehkan menumpang KRL.”

Untuk siswa sekolah yang belum menerima Covid-19, Anne melanjutkan, masih dapat menggunakan KRL. Mereka cukup menunjukkan surat keterangan dari sekolah, yang wajib berisi penjelasan tentang pembelajaran tatap muka (PTM). “Karena sejumlah siswa membutuhkan KRL menuju ke sekolahnya, maka aturan alternatif seperti menunjukkan surat keterangan PTM pun dilakukan,” ujar Anne.

“Bagi calon penumpang yang tidak dapat menerima vaksin karena memiliki komorbid, cukup menunjukkan surat keterangan dari dokter,” sambung Anne. “Kami juga tetap menerapkan protokol dengan mewajibkan semua penumpang memakai masker ganda, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik .”

Seperti diketahui, pada tanggal 20 September 2021 kemarin, pemerintah resmi memperpanjang PPKM per level di kawasan Jawa dan Bali selama dua minggu ke depan. Sejalan dengan keputusan tersebut, pemerintah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 43/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

termasuk wilayah yang diperkirakan akan turun level lantaran perkembangan Covid-19 di wilayah tersebut semakin membaik dari hari ke hari. Provinsi DKI Jakarta akhirnya melepas status sebagai episentrum Covid-19 di Indonesia, yang tercermin dari kasus aktif yang terus turun hingga terendah sejak 24 April 2020. Namun, pemerintah memutuskan untuk tetap memberlakukan kebijakan PPKM Level 3 di DKI Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*