Profil Stasiun Ancol (AC), Jakarta Utara

Ancol (AC) merupakan sebuah yang terletak di ruas R.E. Martadinata, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Utara. Stasiun ini berdiri pada ketinggian +4 mdpl dan termasuk dalam wilayah operasi Daerah Operasi 1 Jakarta. Stasiun kelas kecil ini berada pada KA Commuter  jalur Tanjung Priok yang diawali dari Stasiun Jakarta Kota hingga ke Stasiun Tanjung Priok.

Untuk sementara, belum ada kereta api maupun KRL commuter di Line Jabodetabek yang dijadwalkan singgah di stasiun ini. Pada rencananya, jika jalur Jakarta Kota-Tanjung Priok sudah diaktifkan, maka kereta api yang melaju di tersebut dipastikan akan berhenti di Stasiun Ancol.

Untuk saat ini, KRL Jakarta Kota-Tanjung Priok memang telah beroperasi kembali, namun KRL tersebut belum bisa singgah di stasiun ini karena masih menunggu perpanjangan peron untuk mengangkut dari stasiun Ancol. Dahulu, terdapat percabangan rel menuju Pasoso-Depo Pertamina Cilincing di dari Stasiun Ancol. Sayangnya jalur rel ini sudah ditutup pada tahun 1990-an.

Stasiun Ancol terhubung ke beberapa stasiun lainnya di Jakarta, yakni Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Rajawali, serta Stasiun Kampung Bandan Atas. Masing-masing stasiun tersebut terhubung dengan stasiun Ancol melalui jalur yang berbeda. Stasiun Tanjung Priok dan stasiun Ancol terhubung melalui Jalur KA Ancol-Tanjungpriok. Sedangkan untuk jalur KA Ancol-Rajawali menyambungkan Stasiun Ancol dengan Stasiun Rajawali. Terakhir, ada jalur KA Kampung Bandan-Ancol yang menghubungkan Stasiun Ancol dengan Stasiun Kampung Bandan.

Jalur kereta api Tanjungpriok-Ancol dilalui oleh KRL Jakarta Kota-Tanjung Priok. Berbeda dengan jalur kereta api Ancol-Rajawali yang hanya dilewati oleh kereta barang, tanpa ada satupun kereta penumpang yang melintas di jalur ini. Sementara itu untuk jalur kereta api Kampung Bandan Atas-Ancol yang menyambungkan Stasiun Ancol dengan Stasiun Kampung Bandan, rencananya akan dilalui oleh KRL Pink Line tujuan Jakarta Kota – Tanjungpriok yang masih belum aktif hingga saat ini.