Profil Stasiun Tebet (TEB), Stasiun yang Selalu Penuh Sesak di Jam Berangkat-Pulang Kantor

(TEB) tak lain merupakan nama dari sebuah yang berdiri di Lapangan Ros Raya, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. ini sendiri diapit oleh Jalan Tebet Raya, Jalan Asem Baris, dan Jalan Kampung Melayu Besar, serta menjadi pembatas antara Kelurahan Kebon Baru dan Kelurahan Tebet. yang termasuk dalam cakupan wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta milik ini berdiri di ketinggian +17 mdpl.  

Aktifitas rutin Stasiun Tebet adalah untuk melayani persinggahan dari beberapa Yellow Line maupun Red Line. Beberapa KRL yang berhenti di Stasiun Tebet diantaranya adalah :

  • KRL Red Line relasi – Jakarta Kota PP,
  • KRL Red Line relasi – Jakarta Kota PP ( branch),
  • KRL Yellow Line relasi Bogor – ,
  • KRL Yellow Line relasi Depok – Jatinegara (Depok branch),
  • KRL Yellow Line relasi Nambo – Duri (Nambo branch),
  • KRL Yellow Line relasi Bogor – Depok – Kampung Bandan (Kampung Bandan branch), dan
  • KRL Yellow Line relasi Bogor – Depok – Duri (Duri branch).

Stasiun Tebet juga menjadi tempat perhentian atau mangkalnya beberapa angkutan umum, seperti Mikrolet M44 (jurusan Karet – Kp. Melayu), APB JS 03 (jurusan Tongtek – St. Kalibata), Metromini S60 (jurusan Manggarai-Kampung Melayu via Tebet), Kopaja S612 (jurusan Kampung Melayu-Ragunan via Mampang), Sinar Jaya AC141 (jurusan Tanah Abang – Bekasi via KH Mas Mansyur – Kuningan – UKI – Tol Jatibening – Tol Timur), Bus Sekolah Kuning (jurusan Tanah Abang – Kp. Melayu), serta Bus Koridor 5 dan Koridor 7.

Letak Stasiun Tebet yang sangat strategis di area padat karya membuat stasiun ini selalu dipenuhi pengunjung pada jam berangkat dan pulang kantor. yang berjubel dan masih ditambah dengan pedagang asongan yang lalu lalang membuat stasiun ini rawan aksi kriminalitas, meskipun lokasinya sebenarnya bersebelahan dengan kantor polisi. Belum lagi ditambah dengan aksi berebut yang seringkali dilakukan oleh Mikrolet, Kopaja, Bajaj, dan Tukang Ojek di depan pelataran Stasiun Tebet yang menjadikan suasana di stasiun ini menjadi kurang nyaman.