Program Mudik Gratis 2018 Dibuka, Ini Syarat & Cara Pendaftarannya

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - www.beritakepo.com
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - www.beritakepo.com

Jakarta – Pada tahun ini Kementerian Perhubungan kembali mengadakan program gratis untuk musim 2018. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sendiri telah meresmikan program gratis di Kota, Jakarta pada Minggu (25/3) lalu. Untuk mudik tahun ini Kemenhub menyediakan keberangkatan melalui darat dan laut.

Jumlah kuota penumpang dan sepeda motor untuk mudik tahun ini juga hampir 2 kali lipat dari tahun lalu. Adapun total kuota mudik gratis untuk sepeda motor tahun ini mencapai 39.446 unit, naik 106% dari kuota tahun 2017 lalu yang hanya 19.148 unit. Sedangkan kuota mudik gratis untuk penumpang tahun 2018 mencapai 87.250 orang, naik 86% dari tahun lalu sebesar 46.885 orang.

“Kita ingin mengajak masyarakat ikut mudik gratis. Kalau tahun lalu kan kita menambah dan tahun ini kita menambah kapal terutama dari Jakarta ke Semarang,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (25/3), seperti dilansir Tirto.

Jumlah kuota mudik gratis 2018 terbagi dalam beberapa moda, yaitu bus dan truk, kapal Ro-Ro, kereta api, dan kapal untuk setiap orang dan kendaraan bermotor. “Kuota mudik untuk truk dan bus sebanyak 50.850 penumpang, sementara sepeda motor 3.150 unit. Untuk kapal Ro-Ro jumlahnya 6.000 penumpang dan sepeda motor 3.000 unit,” papar Budi.

Program mudik gratis 2018 tersedia untuk sejumlah di Pulau Jawa dan Sumatra, misalnya ke Solo, Yogyakarta, Semarang, Tegal, Surabaya, , Tegal, Purwokerto, dan kota-kota lain. “Untuk pendaftaran kita buka lewat , lalu nanti verifikasi kita lakukan pada 19 Mei 2018. Jadi yang datang itu sudah bawa datanya dan kita kasih perlengkapan untuk mudiknya,” beber Budi.

Perlengkapan yang akan diperoleh para pemudik antara lain seperti kaus, topi, obat-obatan, dan asuransi perjalanan. Nantinya penumpang juga memperoleh fasilitas makan gratis dan bus dengan tahun pembuatan minimal 2012. pendaftaran mudik gratis dengan kereta api dibuka mulai tanggal 20-28 Maret 2018, sedangkan bus mulai 17 April-8 Mei 2018.

Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi menjelaskan, masyarakat yang ingin ikut program mudik gratis bisa mendaftar secara online dan offline. “Persyaratan untuk mendaftar mudik gratis adalah KTP dan KK, serta SIM dan STNK yang berlaku,” ungkap Budi Setiyadi.

Sedangkan pendaftaran secara offline bisa dilakukan dengan langsung mendaftar di kantor pusat Kemenhub Jakarta, kantor Dishub Kota Bogor, dan kantor Dishub Kota Depok. Bisa juga dilakukan di kantor Dishub Kabupaten Tangerang dan Dishub Kabupaten Bekasi.