Proyek DDT di Stasiun Manggarai, Perjalanan KRL Bogor-Jakarta Lebih Lama

Beberapa penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai - sindonews.com

JAKARTA – Imbauan kepada para pengguna jasa kereta rel listrik () -Jakarta Kota dan -Jatinegara agar berangkat lebih awal mulai Senin (13/8) pagi. Pasalnya, waktu KRL di kedua di tersebut bakal bertambah 5 sampai 10 menit dari biasanya karena adanya penyelesaian pembangunan double- (DDT) paket A Manggarai-Jatinegara fase 1 tahun 2018.

“Kami informasikan kepada seluruh pengguna sehubungan dengan pembangunan , maka mulai 11 Agustus 2018, alur pengguna di mengalami perubahan,” tulis PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) dalam akun Twitter resminya. “Dari semula pelayanan KRL lintas Bogor di jalur 6 dan 7, berpindah ke jalur 8 dan 10.”

Dengan perubahan itu, PT KCI melanjutkan, untuk sementara waktu, akan berdampak pada bertambahnya waktu perjalanan KRL, khususnya untuk lintas Bogor/Depok/Nambo tujuan Jakarta Kota/Angke/Jatinegara dan sebaliknya. Untuk itu, perusahaan mengimbau bagi para pengguna untuk dapat mengatur perjalanan lebih awal.

“Diimbau agar mengatur kembali perjalanannya dengan memilih lebih awal karena kemungkinan akan terjadi perpanjangan waktu perjalan sekitar 5 sampai 10 menit, khususnya saat akan melintas di Stasiun Manggarai,” kata Vice President Komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa. “Untuk mengantisipasi pelayanan penumpang dan pengoperasian kereta di Stasiun Manggarai, PT KCI akan menambah sejumlah petugas pengamanan dan pelayanan.”

Eva menambahkan, Kementerian Perhubungan telah melakukan switch over jalur sejak 11 Agustus kemarin. Dengan switch over itu, jalur 6 dan jalur 7 yang biasanya dilintasi KRL menuju Bogor atau Tanah Abang dinonaktifkan. Pelayanan KRL Bogor pun dipindahkan ke jalur 8 dan jalur 10 sehingga membuat waktu perjalanan KRL menjadi bertambah lama.

Ke depan, jalur rel di Stasiun Manggarai akan dibangun dua tingkat untuk memisahkan , yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter Jabodetabek, dan kereta bandara. Nantinya, stasiun ini akan menjadi perhentian terakhir untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan akan dibangun tiga lantai.