Proyek Jalur Kereta Api di Kalimantan Barat Dimulai Tahun 2019

pembangunan jalur kereta kalbar dimulai 2019

PONTIANAK – Kabar gembira bagi Indonesia yang tinggal di Provinsi Barat. Pasalnya, pada tahun 2019, pemerintah setempat sudah memastikan akan memulai kereta api di provinsi tersebut. Saat ini, rencana tersebut sudah masuk dalam tahap uji kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Rencana pembangunan rel kereta api di Kalimantan Barat akan diprioritaskan pada tahun 2019 mendatang,” jelas Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kalimantan Barat, Ahi. “Untuk tahun 2018, program pembangunan rel kereta api akan dimulai di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah terlebih dahulu.”

Ahi menambahkan bahwa untuk tahap awal pembangunan rel kereta api tersebut akan dilakukan di Kota Pontianak, Mempawah, Singkawang, dan Sambas, terutama di wilayah perbatasan. Setelah itu, tahap berikutnya, dari Kota Pontianak akan dilanjutkan ke daerah Landak, Sanggau. “Kami masih mengupayakan agar kereta api tersebut juga bisa langsung menuju Kapuas Hulu,” sambung Ahi.

“Nantinya, jalur kereta api akan melewati beberapa wilayah tanah gambut sehingga bakal cukup berat,” tambah Ahi. “Namun, kami sudah memiliki solusi untuk menanganinya, dengan mengadakan perlakuan khusus untuk rel yang melewati tanah gambut tersebut.”

Sementara itu, Kepala Kalimantan Barat, Munsin, secara terpisah mengatakan bahwa pihaknya justru tidak mengetahui sejauh mana perkembangan rencana pembangunan jalur kereta api di Kalimantan Barat. Meski demikian, dirinya tetap mendukung rencana pembangunan rel kereta api mengingat manfaat yang didapat akan sangat besar bagi masyarakat.

“Rencananya, kereta api itu akan diutamakan untuk ,” ujarnya. “Jika demikian, dengan adanya kereta api ini, maka biaya tentu akan lebih murah dengan, sehingga akan memengaruhi di daerah menjadi lebih murah.”