Proyek Jalur Lingkar Kereta Api Mulai Dibangun Awal 2014

– Rencana proyek atau elevated circle line yang sudah lama tertunda akhirnya akan dimulai oleh pemerintah pusat. Proyek jalur lingkar kereta api rencananya akan dibangun dengan rute diatas rel –rel yang telah ada dan melingkari pusat Kota Jakarta.

Dedi Priatna, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana menyampaikan bahwa proyek jalur lingkar kereta api dibuat agar kereta api tetap berjalan dan tidak mengganggu alat lainnya.

“Kalau di bawah kan selama ini, kalau kereta lewat, mobil-mobil itu harus berhenti, jadi kalau jalur lingkarnya di bawah tidak mungkin mengatasi kemacetan. Makanya harus dibuat diatas flyover,”jelas Dedi kepada media di kantornya.

Rencananya proyek jalur lingkar ini akan dimulai dari lintas timur. Proyek jalur lingkar ini dimulai dari timur karena lokasinya yang tidak banyak halangan untuk pembangunan karena adanya jalan tol.

“Kita akan mulai dari timur. Karena tidak banyak jalan tol. Kalau di barat kan terlalu banyak jalan tol, jadi cukup menyulitkan pembangunan. Kalau ada jalan tol tentunya harus lebih tinggi dari jalan tol itu,”ujar Dedi.

Dengan dimulai pembangunan proyek jalung lingkar kereta api ini diharapkan nantinya dapat mengurangi kemancetan yang sering terjadi. Kemancetan yang terjadi di Jakarta sudah sangat parah dan merugikan masyarakat banyak.

“Jadi kita harapkan ini menjadi solusi yang bagus. Karena lihat saja kemacetan sudah parah kan,”jelasnya.

Proyek jalur lingkar kereta api ini akan dimulai awal tahun 2014 dengan dana anggaran sebesar Rp 700 miliar.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.