Proyek MRT Tahap I Rampung, Lebak Bulus – Bundaran HI 30 menit

JAKARTA – Mass Rapid Transit ()  Jakarta tahap I dari Lebak Bulus – Bundaran HI akan ditargetkan rampung Semester I – 2018. Jika proyek ini rampung maka jarak tempuh perjalanan dari Lebak Bulus – Bundaran HI dan sebaliknya hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Hal ini akan diungkapkan oleh Dono Boestami, Direktur Utama Jakarta.

“Lebak Bulus Bundaran HI cuma 30 menit,” ucap Dono.

Untuk proyek MRT tahap I ini memiliki panjang 15,7 km dan akan memiliki 7 layang dan 6 bawah tanah (undergorund). Rute tahap I nantinya akan dilengkapi oleh 16 rangkaian kereta dengan setiap rangkaian terdiri 6 kereta.

“Total 96. Ada 16 rangkaian. 1 rangkaian ada 6 kereta,” jelasnya.

Dono tidak menjelaskan tentang jarak waktu atau headway antar kereta. MRT merupakan massal yang berbasis rapid. MRT akan memberikan prima termasuk konsistensi kedatangan dan keberangkatan kereta.

Rencanya dalam proyek MRT akan dibangun 21 stasiun MRT untuk koridor utara-selatan dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan (Ancol).

Untuk pengadaan 21 stasiun kereta ini akan dibagi menjadi dua tahap pengerjaan tahap I dari Lebak Bulus – Bundaran HI dengan panjang 15,7 km dengan 13 stasiun target selesai akhir 2017. Tahap II dari bundaran HI – Kampung Badan (Ancol) dengan panjang 8,3 km terdiri dari 8 stasiun.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.