PSO Baru 2015, Harga Tiket KA Ekonomi Kembali Disubsidi

argo parahyangan

JAKARTA – secara resmi kembali memberikan kepada KA kelas usai penandatanganan Kontrak Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation (PSO)) Perkeretaapian 2015.

Tahun 2015 ini, subsidi yang diberikan pemerintah untuk penumpang KA kelas ekonomi lebih dari Rp 1,5 Trilliun, naik sekitar Rp 240 miliar dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti inflasi, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan bahan bakar minyak (BBM).

“Prioritas subsidi memang diberikan kepada penumpang KA jarak dekat (lokal), termasuk KRL, karena KA itulah yang digunakan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari,” ujar Dirut KAI, Edi Sukmoro seperti dikutip laman resmi .

“Dengan bertambahnya nilai PSO tahun ini, maka para pengguna setia KA jarak jauh yang hendak ke kampung halamannya setiap weekend juga tidak perlu risau karena masih dapat menikmati bersubsidi dari pemerintah,” imbuhnya.

Kontrak PSO baru ini berlaku untuk tahun 2015 dengan rincian sebagai berikut:

a)    KA jarak jauh berlaku mulai 1 Maret 2015, KA jarak sedang di Jawa berlaku mulai 1 Maret 2015, dan KA jarak sedang di Sumatera  mulai 1 Januari 2015.

b)    KA jarak dekat & KRD ekonomi berlaku mulai 1 Januari 2015.

c)    Commuter Line Jabodetabek berlaku mulai 1 Januari 2015 dengan tarif yang tidak berubah dari tarif sebelumnya.

d)    KA angkutan 2015, subsidi akan diberikan kepada penumpang KA ekonomi di bawah ini selama 16 hari di bulan Juli 2015.

Dengan ditandatanganinya kontrak kewajiban pelayanan publik (PSO) baru untuk bidang angkutan kereta api pelayanan kelas ekonomi tahun 2015, diharapkan masyarakat bisa menikmati pelayanan angkutan kereta api pelayanan kelas ekonomi baik antar kota maupun perkotaan dengan tarif yang lebih terjangkau.