PT INKA Bakal Hadirkan Wisata Edukasi Kereta Api di Madiun

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju bersama anggota dan Wali Kota Madiun, Maidi membahas Wisata Edukasi Kereta Api - www.antaranews.com

Jakarta – PT (INKA) akan menghadirkan objek edukasi mengenai kereta api di Kota , Jawa Timur. BUMN tersebut berencana untuk menjalin kerja sama dengan setempat agar dapat mewujudkan hal itu. Oleh sebab itu, pihak INKA melakukan audiensi bersama Wali Kota Madiun pada Kamis (19/8) lalu.

Direktur Pengembangan (Persero) Agung Sedaju mengungkapkan bahwa pihaknya meminta kerja sama supaya Pemkot Madiun mengarahkan yang dimilikinya ke lokasi wisata edukasi perkeretaapian yang ada di INKA. “Sowan ke Pak Wali. Minta izin sekaligus bersinergi supaya armada bus wisata milik Pemkot Madiun bisa bekerja sama dengan arena wisata edukasi yang kami miliki,” kata Agung, Kamis (19/8), seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Agung menjelaskan bahwa INKA akan mempunyai area yang dikhususkan sebagai pembelajaran dan arena rekreasi seputar perkeretaapian bagi masyarakat umum. “Harapannya akan semakin mendukung pengembangan wisata, utamanya wisata edukasi di Kota Madiun,” jelas Agung.

Di sisi lain, Wali Kota Madiun Maidi juga menyambut baik rencana PT INKA untuk membuka objek wisata perkeretaapian. Ia bahkan mempunyai ide untuk membuat api sebagai wisata edukasi demi mendukung rencana tersebut di Madiun. “Maka dari itu, untuk mewujudkan perkeretaapian dibutuhkan kolaborasi dengan Industri Kereta Api di wilayah setempat. Insya Allah, memang nanti museum tidak hanya satu tempat. Mungkin ada di pojok kota, ada di umum, supaya bisa dinikmati masyarakat,” jelas Maidi.

Dengan adanya museum perkeretaapian tersebut diharapkan bisa memberi edukasi hingga pengetahuan tambahan mengenai kereta api. Misalnya saja pengetahuan mengenai wujud lokomotif dari tahun ke tahun, hingga pengetahuan lainnya seputar perkeretaapian. Di samping itu, keberadaan museum kereta api juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Madiun ketika nantinya pandemi Covid-19 telah berakhir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*