PT KAI Ajak Wisatawan Asal Malaysia Jajal KA Wisata di Indonesia

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak perusahaannya, PT KA Pariwisata mengajak wisatawan asal Malaysia untuk mencoba kereta wisata - www.liputan6.com

(KAI) melalui anak perusahaannya, PT KA Pariwisata belum lama ini mengajak asal Malaysia untuk mencoba . Pada kesempatan tersebut PT KA Pariwisata memamerkan KA tipe Jawa.

Rombongan wisatawan asal Malaysia tersebut dipimpin oleh pensiunan kereta ternama asal Malaysia, Kereta Tanah Melayu Berhard, Mohd Noordin. Para wisman asal Malaysia mencoba perjalanan dengan KA Wisata Jawa dari Semarang ke Jakarta. “Jadi kita coba kenalkan kepada siapa saja warga Malaysia bahwa kita punya kereta wisata. Jadi supaya mereka tertarik,” ujar Direktur Utama Totok Suryono di Semarang, Jumat (3/8), seperti dilansir Liputan 6.

Dengan diperkenalkannya KA Wisata ke turis dan jurnalis Malaysia diharapkan bisa menjadi langkah ekspansi baru untuk KA Wisata. Pada kesempatan yang sama, Noordin mengaku senang bisa mencoba KA wisata tipe Jawa tersebut. “Kami di Malaysia juga ada seperti ini, tapi tidak secantik ini. Kami kalah kalau soal ini,” ujar Noordin.

Noordin juga menjelaskan jika di Malaysia kereta wisata semacam itu dikenai RM 3.000 sekali jalan, sedangkan KA Wisata Jawa dibanderol dengan Rp 20 juta untuk Jakarta-Semarang. Sementara itu, kereta wisata di Malaysia mempunyai kapasitas 32 orang, sedangkan KA Jawa hanya 22 orang.

Demi menarik lebih banyak lagi wisman asal Malaysia, PT KA Pariwisata juga berencana membuat paket perjalanan wisata jelajah Makam Wali Songo di Jawa. “Salah satu daya tarik wisatawan Malaysia adalah ziarah ke Makam Wali Songo. Kami menawarkan perjalanan dari Jakarta lalu ke Cirebon, Semarang sampai Surabaya,” jelas Totok.

Menurut Totok ternyata banyak turis Malaysia yang tertarik dengan sejarah Wali Songo, tetapi tak banyak paket perjalanan di Indonesia dan Malaysia yang mengakomodir kebutuhan tersebut. Pada kesempatan yang sama, General Manager Transport PT KA Pariwisata Parevin Marhaenianto menjelaskan jika pihaknya kini tengah mempertimbangkan urusan rute dan lama perjalanan dari paket perjalanan tersebut. “Rencana kami menawarkan perjalanan dari Cirebon sampai Semarang sekitar tiga hari. Setelah itu mungkin ada pilihan paket bagi yang mau lanjut sampai Surabaya,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*