PT KAI Bakal Tambah 10 Rangkaian Kereta Sleeper

Kereta Api Luxury Sleeper - jatim.tribunnews.com
Kereta Api Luxury Sleeper - jatim.tribunnews.com

Jakarta – Sejak beroperasi perdana pada Juni 2018 lalu, peminat sleeper alias sleeper train rupanya cukup banyak. Oleh sebab itu, PT Api Indonesia (KAI) pun tergerak untuk memesan 10 rangkaian KA sleeper tambahan pada PT Industri Api (INKA). Sayangnya pihak KAI enggan membeberkan berapa nilai transaksi pembelian 10 trainset KA Luxury Sleeper dengan PT INKA.

“Kira-kira ada 10 trainset (kereta sleeper) lagi yang kita pesan. Masih negosiasi untuk kedatangan atau delivery kapan. Dengan INKA sudah ada sleeper tambahan,” jelas Direktur Utama Edi Sukmoro di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (23/4), seperti dilansir CNBCIndonesia.

Akan tetapi, Edi masih belum dapat memperkirakan kapan pastinya 10 rangkaian kereta sleeper tambahan tersebut tiba di Jakarta dari pabrik asal INKA yang terletak di Madiun, Jawa Timur. Selain itu, 10 kereta first class tersebut juga dipastikan belum dapat beroperasi dalam waktu dekat. PT KAI setidaknya menargetkan rangkaian KA sleeper tambahan yang baru ini baru tiba di Jakarta pada awal tahun 2020 mendatang. “Januari tahun depan. Kira-kira ada 10 train set kita pesan untuk sleeper lagi,” ujar Edi.

Sebagai , sleeper train resmi beroperasi melayani sejak tanggal 12 Juni 2018 lalu. Sebanyak 4 rangkaian KA sleeper ini dirangkaikan ke 4 KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir- Pasar Turi. Hingga kini PT KAI baru memiliki 4 rangkaian KA sleeper. Minat masyarakat terhadap kereta mewah tersebut memang cukup tinggi. Pada 4 bulan pertama beroperasi, tingkat keterisian atau okupansi KA sleeper mencapai 60%.

“Okupansi sleeper untuk sekarang sekitar 60 persen. Memang di kelas ini kita berikan penawaran luxury, jadi memang butuh terus ,” kata Vice President of Passenger Marketing PT KAI R Agus Dwinanto Budiadji beberapa waktu lalu.

KA sleeper menawarkan sederet yang lengkap seperti kursi yang bisa direbahkan hingga 170 derajat secara elektrik lengkap dengan sandaran kaki elektrik, lalu ada juga sekat untuk menjaga privasi penumpang, private entertainment berupa TV 12 inci dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, serta bantal dan selimut. Harga KA sleeper dalam rangkaian KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Jakarta ini dipatok Rp 1.250.000.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*