PT KAI Beri Layanan Kesehatan Gratis di Stasiun Cibatu

Pengecekan kesehatan di dalam Rail Clinic di Stasiun Cibatu - jabar.tribunnews.com
Pengecekan kesehatan di dalam Rail Clinic di Stasiun Cibatu - jabar.tribunnews.com

Bandung (KAI) mengoperasikan rail clinic untuk memberikan pada masyarakat yang bermukim di sekitar Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (25/1) kemarin untuk menjalin kebersamaan dan mengimbau masyarakat agar tetap hidup sehat.

Acara bakti sosial tersebut menggandeng PT GE Transportasion dan Jasa Raharja untuk mewujudkan kesehatan bagi masyarakat. “Komitmen mewujudkan kesehatan bagi masyarakat ini akan terus dijaga,” ungkap Saridal, seperti dilansir Antara.

Rail Clinic sendiri adalah aset milik yang di dalamnya meliputi 4 unit dengan 2 di antaranya difungsikan sebagai kesehatan dan 2 lainnya dimanfaatkan menjadi kereta perpustakaan atau Rail Library. Pada Rail Clinic generasi terdahulu hanya terdiri dari 2 unit kereta kesehatan saja pada tiap rangkaiannya.

Dalam Rail Clinic generasi ke-4 ini juga didukung dengan kesehatan memadai seperti laboratorium hematology analyzer sysmex berbasis komputer untuk mengetahui adanya berbagai jenis penyakit layaknya diabetes, kanker, dan masih banyak lagi. “Di dalamnya ada alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan elektronik,” beber Saridal.

Lewat kegiatan bakti sosial yang rutin digelar ini, PT KAI berharap dapat mewujudkan hubungan yang lebih erat dengan mitra kerja dalam upaya melayani masyarakat. “Komitmen ini akan terus dijaga,” tutur Saridal.

Bakti sosial berupa kesehatan gratis ini diikuti sekitar 200 orang warga Kecamatan Cibatu. Pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam Rail Clinic yang siaga di Stasiun Cibatu. Para pasien mendatangi gerbong kereta Rail Clinic yang di dalamnya telah ada dokter jaga termasuk ruang laboratorium, farmasi, dan ruangan cek kesehatan lainnya. Pihak KAI dengan PT GE Transportation pun melakukan renovasi minor dengan mengecat Stasiun Cibatu.

Sebelumnya, Rail Clinic juga telah menyambangi berbagai wilayah di Jawa maupun Sumatera untuk memberikan layanan kesehatan gratis terhadap masyarakat di sekitar jalur kereta. Rail Clinic disebut sebagai bentuk kepedulian KAI terhadap kesehatan masyarakat.