PT KAI Buka Jasa Pengantaran Jenazah untuk Wilayah Jawa

Petugas Polsuska membawa peti jenazah Darman
Petugas Polsuska membawa peti jenazah Darman

() Daop I memperkenalkan terbaru yakni pengantaran jenazah menggunakan jasa kereta api pada bulan ini, Oktober 2016 lewat anak perusahaannya, PT Kereta Api (KaLog).

“Pekan ini KaLog secara resmi segera meluncurkan layanan baru tersebut. Ini bagian dari inovasi layanan KAI kepada masyarakat,” ujar Senior Manager Komersial KAI Daop I, Sigit Irawanto di Jakarta, Kamis (6/10).

Lebih lanjut Sigit menjelaskan jika jasa pengantaran jenazah yang dilayani oleh KaLog sementara ini menjangkau hingga ke beberapa kota di wilayah Jawa dengan menggunakan khusus di bagian belakang rangkaian KA logistik.

Sigit optimis jika layanan barunya ini bisa diterima oleh masyarakat lantaran selama ini pengantaran jenazah hanya dilayani oleh maskapai penerbangan dan perusahaan pengantar jenazah dengan biaya yang cukup mahal.

“Pihak keluarga pengguna jasa kereta jenazah ini bisa memilih jenis kereta yang ditumpangi, meliputi , bisnis, maupun eksekutif dengan tujuan kota-kota yang ada di Jawa,” papar Sigit.

Penempatan jenazah akan dilakukan secara khusus di gerbong tertentu tanpa ada satupun yang mengetahuinya.

“Selama ini ada kecenderungan, Jakarta dan sekitarnya, kesulitan dalam mengantarkan jenazah ke kota-kota tertentu. Kami yakin, bisnis ini bisa menjadi terobosan baru bagi masyarakat,” imbuhnya.

Terdapat beberapa paket yang ditawarkan dalam penggunaan jasa pengantaran jenazah. Misalnya saja jasa antar jenazah hingga , atau menjemput dari rumah duka sampai ke pemakaman. “Biaya pengantaran jenazah juga bervariasi sesuai dengan paket yang ditawarkan. Tarif layanan penuh bisa mencapai Rp 11 juta, tergantung permintaan,” jelasnya.

Layanan ini dapat menjadi salah satu solusi untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang hendak mengantar jenazah ke daerah asalnya. Terutama karena KAI menjamin waktu yang relatif cepat, ketepatan waktu pengantaran jenazah, serta jenis KA yang beragam dan tarif layanan yang cukup terjangkau.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.