PT KAI Buka Lowongan Kerja untuk Proyek LRT Jabodebek

JAKARTA – Kabar gembira bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan pekerjaan dan ingin berkarir di moda . Pasalnya, () kembali membuka lowongan pekerjaan, yang kali ini untuk ditugaskan di Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Menurut Kepala Divisi LRT PT KAI, Ahmad Najib Tawangalun, saat ini membutuhkan 550 untuk operasional kereta ringan tersebut. Rinciannya, 200 orang dibutuhkan untuk lowongan masinis, sedangkan 350 orang sisanya dibutuhkan untuk lowongan operator dan lainnya.

“Kurang lebih kami membutuhkan 200 orang untuk masinis. Kemudian, ada tambahan sampai berjalannya waktu dan perkiraan kami untuk tahun ini bisa sampai 350 orang yang direkrut,” jelas Najib. “Kegiatan rekrutmen sendiri telah dibuka perusahaan dalam Bursa Kerja Nasional yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran pada tanggal 25-26 Agustus kemarin.”

Najib menambahkan bahwa selain merekrut pegawai baru, PT KAI juga membuka kemungkinan untuk mempekerjakan pegawai lama. Namun, karena LRT ini sesuatu yang baru, pegawai lama juga tetap akan diberi pelatihan terlebih dahulu. “Rencana pelatihan juga sudah disiapkan oleh perusahaan,” sambung Najib.

“Setidaknya, PT KAI membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa melakukan pelatihan kepada 200 calon masinis. Pasalnya, LRT memiliki yang berbeda dengan KRL atau kereta api lainnya,” imbuh Najib. “Pengoperasian kereta cepat ini tentunya membutuhkan pegawai yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang berbeda.”

LRT Jabodebek sendiri diharapkan siap beroperasi pada bulan Mei tahun 2019 mendatang. Sementara, progres jalur dan tetap sesuai target di akhir tahun 2018. “Jika pembangunan rampung pada akhir tahun, maka akan ada tahap commisioning atau penyesuaian dan finalisasi selama empat bulan,” papar Direktur Utama PT Adhi Karya, Budi Harto.