PT KAI Dan Pemkot Malang Siap Dukung Pengadaan Kereta Komuter Malang

komuter

dikabarkan mendukung rencana Pemkab Malang untuk mengadakan kereta . menyatakan siap untuk mengoperasikan kapan saja jika sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan RI. Untuk mendapatkan persetujuan tersebut, tiga kepala daerah di Malang Raya segera melakukan koordinasi agar rencana itu cepat terealisasi.

”Secara resmi, hingga saat ini memang belum ada koordinasi. Karena itu secepatnya (kepala daerah dan ) harus koordinasi,” ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VIII Surabaya Sumarsono, Minggu (14/12) seperti dikutip Radar Malang.

Sumarsono menganggap koordinasi itu sangat penting untuk menyamakan visi dan mencari solusi kendala-kendala seperti kurangnya fasilitas PT KAI dan biaya operasional yang tinggi. Selain itu, medan di wilayah Malang juga menjadi kendala.

”Kendalanya adalah medan. Untuk daerah tanjakan, pengoperasian komuter kurang pas,” kata dia.

Dia juga menyarankan agar koordinasi dilakukan secepatnya, sehingga bisa ditemukan solusi untuk mengurai kemacetan, termasuk meminimalisir kendala pengoperasian komuter jurusan Lawang- yang sempat diujicobakan tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Malang Moch. Anton juga menyatakan bahwa Pemkot Malang mendukung dan sudah siap membantu percepatan pengoperasian kereta komuter di Malang jika dibutuhkan.

”Kalau ada koordinasi, kami siap,” ucap Anton kepada wartawan Radar Malang.

Anton juga menyarankan adanya penambahan rute pengoperasian komuter yang direncanakan hanya melintasi Lawang-Kepanjen, untuk diperluas hingga wilayah barat Malang.

”Kalau bisa, rutenya jangan hanya di kawasan timur saja. Namun wilayah barat juga perlu dilintasi,” katanya.