PT KAI Dan PT KCJ Teken Perjanjian Kredit Sebesar Rp 2,34 T Dengan Empat Bank

– PT Api Indonesia (KAI) dan PT Api Commuter (KCJ) telah sepakat untuk meneken perjanjian kredit (PK) untuk mengembangkan sarana dan prasarana Rel Listrik () serta meningkatkan .

Perjanjian kredit yang disepakati berupa kredit investasi sebesar Rp2,38 triliun atau maksimal 85 persen dari total biaya proyek pengembang prasarana. Perjanjian kredit sindikasi dilakukan dengan empat , yaitu Nasional Indonesia (BNI), Rakyat Indonesia (BRI), Mandiri dan Central Asia (BCA).

Proyek tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencapai target jumlah 1,2 juta orang per hari di tahun 2019. Target tersebut disesuaikan dengan Perpres 83/2011.

“Penambahan kereta sangat mendesak untuk menampung penumpang yang jumlahnya terus bertambah belakangan ini,” Ungkap Direktur Keuangan , Kurniadi Atmosasmito seperti dikutip okezone saat ditemui di Gambir, Senin (10/11/2014).

Pihak KCJ mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan pinjaman sebesar Rp830 miliar yang mereka terima untuk menambah jumlah unit kereta rel listrik (KRL) sebanyak 860 unit.

“Kapasitas saat ini sudah 800 ribu penumpang per hari, dengan penambahan ini diharapkan akan mampu mencapai target 1,2 juta penumpang per hari,” kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo saat menghadiri penandatanganan perjanjian kredit di Jakarta seperti dikutip antaranews.