PT KAI Daop 3 Cirebon Kerahkan Gegana untuk Menjaga Stasiun 24 Jam

Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon - www.netralitas.com
Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon - www.netralitas.com

Cirebon (KAI) Cirebon akan mengerahkan tim Gegana Brimob Polri untuk menjaga 4 yang berada di wilayahnya selama masa angkutan 2017. Pengamanan ekstra ini dilakukan untuk mencegah adanya aksi teror seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kampung Melayu, Jakarta.

“Di Daop 3 sendiri Tim Gegana akan membackup pengamanan di empat stasiun yaitu Cirebon, Prujakan, Jatibarang, dan Brebes,” ujar Krisbiyantoro, Manajer Humas Daop 3 Cirebon.

Lebih lanjut Kris menuturkan jika tim Gegana akan bergantian menjaga stasiun selama 24 jam. Mereka bertugas untuk melakukan sterilisasi stasiun termasuk memeriksa seluruh kendaraan yang hendak memasuki area stasiun. “Mereka akan mengecek setiap kendaraan yang masuk dengan peralatan lengkap. Ini adalah langkah antisipasi demi keamanan dan kenyamanan bersama,” jelasnya.

Sedangkan terkait pengamanan di dalam stasiun dan di atas kereta, rupanya kelak hanya akan dilakukan oleh Polisi dan TNI kewilayahan. Di samping itu, seluruh pasukan Polsuska sebanyak 422 orang juga akan dikerahkan untuk menjaga keamanan stasiun selama 24 jam secara bergantian. Seperti pegawai yang lain, Polsuska juga tak diizinkan cuti selama arus mudik dan balik Lebaran.

PT KAI Daop 3 Cirebon juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menjaga titik yang rawan dengan pelemparan seperti Stasiun Jatibarang hingga Tegalsari. Pasalnya, sejak Januari hingga Juni 2017 setidaknya terdapat 8 kasus pelemparan di wilayah tersebut. Dari 2 kejadian yang berhasil diungkap, terdapat 6 pelaku yang berhasil diamankan. “Seluruh pelaku yang berhasil diamankan itu semuanya berstatus pelajar,” kata Kris.

Kabarnya motif para pelajar tersebut melempari kereta dengan batu lantaran iseng. “Alhamdulillah, sejauh ini belum ada korban atas kasus tersebut. Cuma ada kerugian dari segi materiil saja,” tandasnya.