PT KAI Daop 8 Ajak Anak-Anak SD Surabaya Rekreasi ke Malang Naik KA Mutiara Selatan Gratis

KAI Daop 8 Surabaya gelar Edutrain Goes To Malang yang melibatkan ratusan siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya
KAI Daop 8 Surabaya gelar Edutrain Goes To Malang yang melibatkan ratusan siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya - beritalima.com

Surabaya (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengadakan acara Edutrain Goes to dengan mengajak siswa siswi sekolah dasar untuk naik . Acara ini sengaja digelar untuk lebih mengenalkan anak-anak terhadap . Setidaknya terdapat 119 peserta dari SDN Menanggal II dan SDN Kutisari Surabaya yang ikut serta dalam Edutrain Goes to Malang.

Dalam acara Edutrain Goes to Malang ini ratusan siswa sekolah dasar tersebut diajak berjalan-jalan menggunakan KA Mutiara Selatan secara gratis. Mereka berangkat dari Surabaya menuju Malang untuk tamasya ke tempat wisata Predator Fun Park Batu. Selanjutnya, mereka pulang ke Surabaya juga menaiki kereta api yang sama, KA Mutiara Selatan (KA 111) relasi Malang – Surabaya Gubeng – Bandung.

“Kami berharap kegiatan ini menumbuhkan rasa kecintaan generasi muda terhadap massal berbasis rel. Sehingga nanti bisa mendukung perkeretaapian di masa mendatang,” ujar Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya Suryawan Putra Hia, Jumat (12/4), seperti dilansir Tribunnews.

Adapun rangkaian KA Mutiara Selatan relasi Malang – Surabaya Gubeng – Bandung telah menggunakan kereta baru jenis stainless steel yang diproduksi oleh PT INKA. “Rangkaian ini dirubah mulai tanggal 1 April 2019. Rangkaiannya telah berubah menjadi 3 Kereta Eksekutif jenis SS, 4 Kereta Ekonomi jenis SS, dan 1 Kereta Makan plus Pembangkit listrik. Di mana daya kapasitas tampungnya akan meningkat menjadi 470 tempat duduk setiap satu rangkaiannya,” ungkap Suryawan.

“Dengan pergantian rangkaian gerbong kereta jenis baru dari INKA ini, kami harap bisa semakin meningkatkan okupansi dari KA Mutiara Selatan yang sudah sangat bagus,” sambungnya. Rangkaian KA Mutiara Selatan yang baru juga sudah dilengkapi sejumlah seperti bodi stainless steel, jumlah toilet yang diperbanyak, sandaran kaki, lampu tidur dan baca, meja mini, multimedia dilengkapi audio jack, musala, hingga kamera CCTV.