PT KAI Daop 8 Surabaya & Pemprov Jatim Selenggarakan Program Mudik Gratis

Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - primaradio.co.id
Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - primaradio.co.id

Surabaya Provinsi (Pemrov) Jawa Timur bekerja sama dengan (KAI) Daop 8 Surabaya untuk menyelenggarakan untuk di Jatim. Setidaknya terdapat 174 perjalanan gratis. yang diadakan khusus untuk tujuan Jawa Timur ini dilakukan guna menunjang kelancaran masyarakat yang hendak atau merayakan Idul Fitri 2019.

“Total ada 174 perjalanan. Rencananya akan kita sediakan 113.080 tiket untuk arus mudik dan balik,” ujar manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, seperti dilansir Radar Malang. “Tanggal keberangkatan KA gratis berlangsung selama 16 hari, mulai 28 Mei 2019 sampai 12 Juni 2019,” sambung Suprapto.

Adapun rincian 174 perjalanan tersebut meliputi 97 perjalanan untuk arus mudik dan 77 perjalanan KA untuk arus balik. Kapasitas daya angkut per hari rata-rata mencapai 11.881 kursi. Tujuan perjalanan yang dilayani pada program mudik gratis ini mencakup Surabaya, Blitar, Malang, Bangil, Jombang, Mojokerto, Peterongan, Kediri, Tulungagung, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

Program mudik dan balik gratis ini menurut Suprapto adalah wujud kepedulian dan perhatian dari Pemprov Jatim dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat. “Kami dari PT KAI Daop 8 Surabaya menyambut baik kerja sama dengan Pemprov Jawa Timur mewujudkan program yang pro kerakyatan ini. Semoga masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan menggunakan angkutan massal ini guna kelancaran mobilitas,” ucapnya. Angkutan mudik gratis ini juga diharapkan bisa mengurangi kemacetan lalu lintas selama mudik Lebaran 2019.

Perjalanan mudik gratis di Jatim akan dilayani oleh KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi dan KA Tawang Alun relasi Malang-Banyuwangi dengan keberangkatan mulai 31 Mei – 4 Juni 2019. Kemudian untuk arus balik berlaku sejak 7-10 Juni 2019. Tiket gratis bisa diperoleh lewat yang dilewati KA mudik balik gratis mulai pukul 09.00 hingga jam 16.00 WIB.

Sedangkan pemesanan tiket KA Penataran, Dhoho, Tumapel, dan ekonomi lokal dapat dilakukan H-7 atau mulai 21 Mei 2019. Khusus pemesanan tiket KA Probowangi dan Tawang Alun dapat dilakukan H-60 atau sejak 1 April 2019. Syarat pemesanan tiket KA mudik dan balik gratis cukup mudah, yakni dengan menunjukkan fotokopi KTP atau KK dan memesan tiket dengan formulir berwarna biru. Satu pemesan dibatasi maksimal 4 tiket serta tidak dapat dibatalkan, ditunda, atau dialihkan pada orang lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*