PT KAI Daop 8 Ubah Jadwal Kereta Api dari Stasiun Kota Malang

Surabaya – Untuk meningkatkan terhadap para pengguna jasa , PT Indonesia (KAI) tiap tahunnya selalu melakukan evaluasi dan untuk tahun ini akan melakukan perubahan untuk sejumlah KA sesuai Grafik Kereta Api (Gapeka) 2017.

Mulai 1 April 2017 mendatang jadwal perjalanan kereta api yang berada di wilayah kerja KAI Surabaya juga akan mengalami perubahan, termasuk sejumlah KA yang berangkat dari Kota Malang.

“Setiap tahun selalu ada evaluasi perjalanan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa. Perubahan jadwal perjalanan KA pada Gapeka 2017 dibuat lebih realistis dan fokus pada keselamatan dan ketepatan waktu, karena masyarakat menyadari sepenuhnya bahwa faktor keselamatan dan ketepatan waktu yang lebih diutamakan,” ujar Manager Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko.

Beberapa jadwal yang berubah antara lain keberangkatan KA Malioboro Ekspress Malang-Yogyakarta, Matarmaja Malang-Pasar Senen, dan Majapahit Malang-Pasar Senen. Berdasarkan data KAI Daop 8, KA Malioboro Ekspress dijadwalkan berangkat pukul 20.10 WIB per 1 April, atau maju 5 menit dari jadwal sebelumnya, 20.15 WIB.

Kemudian KA Matarmaja berangkat pukul 17.30 WIB atau mundur 30 menit dari sebelumnya, pukul 17.00 WIB. Dan KA Majapahit mundur 10 menit menjadi pukul 18.30 WIB. Sementara itu KA lainnya yang berangkat dari Stasiun Malang seperti KA Tawangalun, KA Bima, KA Jayabaya, KA Gajayana, KA Malabar, dan KA Mutiara Selatan tak mengalami perubahan.

Gatut mengatakan bahwa perubahan jadwal kereta api ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat. “Diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan moda massal yang bebas macet, aman, dan nyaman,” tandasnya.