PT KAI Daop I Jakarta Siap Operasikan 16 Kereta Tambahan untuk Mudik Lebaran

Dadan Rudiansyah, Executive Vice President PT KAI Daop I Jakarta - merahputih.com
Dadan Rudiansyah, Executive Vice President PT KAI Daop I Jakarta - merahputih.com

Bogor – Pada momen tahun 2018 ini (KAI) Daop I Jakarta akan menyiapkan 16 . Langkah ini diambil sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan bertepatan dengan mudik Hari Raya Idul Fitri 2018.

Tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan moda kereta api diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun lalu. “Tiap tahun jumlah pemudik yang menggunakan kereta api selalu naik. Kita sediakan kereta tambahan dari yang sudah ada sekarang untuk antisipasi hal itu,” kata Executive Vice President Daop I Jakarta, Dadan Rudiansyah di Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/5), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Dadan menjelaskan, hingga kini terdapat sekitar 59 kereta api reguler yang telah beroperasi di wilayah Daerah Operasi I Jakarta. Tak hanya menambah jumlah angkutan kereta api untuk keperluan mudik Lebaran 2018, PT KAI Daop I Jakarta juga fokus untuk meningkatkan sarana dan kapasitas prasarananya.

Masyarakat yang membutuhkan kereta api untuk mudik Lebaran 2018 sudah bisa memesan melalui aplikasi online yang menjadi partner resmi PT KAI. “H-90 sebelum lebaran sudah bisa dipesan. Kami prediksi kenaikan jumlah pemudik untuk Daop I ini sekitar tiga sampai empat persen,” ujar Dadan.

Beberapa waktu lalu Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menuturkan bahwa sejumlah perjalanan kereta pada tanggal-tanggal favorit untuk mudik Lebaran 2018 sudah habis terjual. Pasalnya sistem penjualan tiket secara online telah mengakibatkan semua orang berebut untuk segera mendapatkan tiket kereta.

Edi pun membagikan tips supaya para pemudik dapat kebagian tiket kereta untuk mudik Lebaran 2018. “Pertama, yang paling penting, usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket,” ujar Edi.

Kemudian Edi juga menganjurkan para pemudik untuk mencari tanggal atau kereta api alternatif. Pasalnya kereta tambahan Lebaran 2018 juga diluncurkan secara bersamaan. Pemudik pun dapat mencoba alternatif tiket terusan. “Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan Pasar Senen- Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang,” bebernya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*