PT KAI Daop V Ungkap Cara Baru Pencaloan Tiket

Purwokerto mengungkap cara terbaru yang kini marak dipakai . Terungkapnya pencaloan ini ketika beberapa yang dimiliki terpaksa dihanguskan karena tidak sesuai ketentuan.

Surono, Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto, mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan angkutan arus balik tahun ini, ditemukan tujuh tiket yang identitasnya tidak sesuai dengan penumpang yang akan berangkat di Kebumen. Seluruh tiket dari calo tersebut terjaring petugas boarding yang bertugas memeriksa kesesuaian nama pada tiket dengan Kartu Identitas asli penumpang.

“Tiket- tiket tersebut terjaring petugas pada 13 sampai 15 Agustus, masing- masing empat tiket KA Kutojaya Utara dan tiga tiket KA Kutojaya Utara Lebaran. Semuanya merupakan KA jurusan Kebumen – Pasarsenen. Semua tiket yang tidak sesuai dengan penumpang tersebut dihanguskan,” ujar Surono kepada Tribunjogja.com, Senin (19/8/2013) kemarin.

Surono juga menambahkan, selain di Stasiun Kebumen, petugas boarding di Stasiun Kutoarjo juga berhasil menjaring lima penumpang yang berusaha masuk menggunakan KTP milik orang lain selama angkutan Lebaran 2013. Seluruh tiket yang menggunakan Kartu Identitas yang tidak sesuai dengan identitas penumpang dihanguskan oleh petugas.

Menurut Surono, penumpang yang terjaring oleh petugas boarding mengaku bahwa mereka membeli tiket yang sudah tercetak dengan nama orang lain, alasannya tiket tersebut dibatalkan oleh pemiliknya yang tidak jadi berangkat. Tiket-tiket bermasalah tersebut dijual oleh agen tiket luar stasiun.

Penumpang yang membeli tiket tidak di loket stasiun berusaha masuk boarding dengan berbagai modus, diantaranya dengan membawa KTP asli milik orang lain yang namanya tertera pada tiket, membawa KTP yang fotonya disamarkan dan meragukan, serta membawa KTP palsu hasil scan KTP asli yang telah diedit namanya sesuai nama yang tercantum pada tiket.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur