PT KAI Divre 1 prediksi Jalur Medan-Kualanamu Selesai tahun 2017

Kereta-api.info – PT Indonesia Divisi Regional 1 (Divre 1) Sumatera Utara saat ini tengah menggarap dari beberapa kereta, diantaranya merupakan ganda -Kualanamu yang diprediksi akan rampung pada tahun 2017 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Rapino Situmorang, Humas Divre 1 Sumut.

“Selanjutnya kami melakukan pembangunan jalur layang Medan-Kualanamu sepanjang 6 km, Medan-Belawan sejauh 3 km dan Medan-Binjai sejauh 7 km. Jalur layang ini juga kita targetkan selesai pada 2017. Saat ini sedang dalam tahap pengeboran tiang pancang,” paparnya ketika ditemui di Kantor PT KAI, beberapa waktu lalu.

Rapino menambahkan, pihaknya kini juga sedang berupaya mensukseskan Trans Sumatera yang sebelumnya sudah dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Jalur Trans Sumatera nantinya akan menghubungkan Aceh hingga Tanjung Karang, Lampung.

“Saat ini masuk dalam tahap menyambungkan jalur kereta seperti jalur kereta Binjai ke Aceh dan menyambungkan jalur kereta Rantau Parapat ke Riau. Diperkirakan selesai pada 2021,” lanjutnya.

Saat ditanya mengenai nasib warga yang hidup di bantaran kereta dan akan segera direlokasi, Rapino menyarankan agar menanyakannya langsung pada pihak Pemko Medan.

“Kami membangun jalur di tanah milik kita. Apabila ada masyarakat yang memakai lahan PT KAI sebaiknya ditanyakan kepada Pemko,” tandas Rapino.