PT KAI Divre I Sumut Siapkan 70 Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2017

Jakarta – PT Indonesia () Divre I Sumatera Utara menyiapkan sekitar 70 rangkaian kereta api menjelang arus mudik 2017. Pihak KAI Divre I memastikan bahwa 70 kereta tersebut telah lolos uji keselamatan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

“Manajemen KAI memang mengutamakan keselamatan,” kata Manajer Humas Sumut, M. Ilud Siregar, Kamis (1/6). Walau demikian, Ilud menuturkan jika inspeksi kereta api juga akan kembali dilaksanakan menjelang mudik Lebaran 2017. Inspeksi dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan para .

“Manajemen melakukan pemeriksaan, perbaikan dan perawatan kereta api itu lagi. Dari 70 kereta itu, sebanyak 19 kereta di antaranya diperbaiki dan dirawat lagi,” kata Ilud. Dari sekian kereta yang sedang diperbaiki, 15 unit di antaranya telah rampung dan siap dioperasikan untuk angkutan mudik Lebaran. Sedangkan 4 sisanya dijadwalkan selesai pekan ini.

Menurut Ilud, perbaikan dan perawatan mencakup interior dan eksterior kereta seperti toilet, pendingin ruangan, pengecatan, dan fasilitas pendukung lainnya. Meski Hari Raya Idul Fitri jatuh pada bulan Juni 2017, KAI rupanya telah melakukan segala pembenahan sarana prasarana kereta api sejak bulan Januari lalu. “Dengan rampungnya perbaikan dan perawatan 19 kereta api itu, maka 70 angkutan KAI itu semakin dijamin keselamatan dan keamanannya untuk digunakan Lebaran,” tegasnya.

Sementara itu, sampai pekan ini kereta untuk Lebaran sudah mencapai sekitar 40 persen. “Pesanan Lebaran sudah mencapai hingga 40 persen dari jumlah kursi yang tersedia sebanyak 6.848 per hari dengan terbanyak untuk H-1 dan H-2 Lebaran,” tandas Ilud.