PT KAI Fasilitasi Kontingen PON dari Pulau Jawa

Agus Komarudin -wartakota.tribunnews.com

Bandung – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang akan digelar di mendapat dukungan dari PT Api Indonesia (). Terbukti, telah menyiapkan rangkaian kereta sebagai untuk kontingen yang berasal dari Pulau Jawa.

Beberapa yang dapat digunakan oleh kontingen PON XIX / 2016, diantaranya adalah kereta api jurusan – Bandung, Semarang – Bandung, Yogyakarta – Bandung, serta – Bandung.  

“Kami siap memfasilitasi angkutan untuk kontingen PON XIX/2016. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari kontingen yang akan menggunakan kereta api,” ujar Kepala Humas PT KAI, Agus Komarudin, di Bandung.

PT KAI memandang PON sebagai acara hajatan nasional. Oleh karena itu, PT KAI siap memaksimalkan sarana transportasi miliknya sebagai angkutan untuk para kontingen. Sebelumnya, PT KAI sempat melakukan hal serupa pada perhelatan PON XV / 2000 di Surabaya. Ketika itu, kontingen yang berasal dari Jakarta, Jawa barat, Jawa tengah, dan Yogyakarta diangkut hingga ke Pasar Turi Surabaya.

Sayangnya, PT KAI tak bisa banyak membantu di tiga perhelatan PON setelahnya karena ketiganya digelar di luar Pulau Jawa. PON XVI /2004 dilangsungkan di Sumatera Selatan, PON XVII / 2008 di Kalimantan Timur, serta PON XVIII / 2012 di Riau.

“Kami siap untuk kembali menjadi angkutan bagi kontingen maupun panitia. PB PON XIX/Jabar pun telah memasukan Stasiun Bandung sebagai stasiun kedatangan kontingen,” kata Agus.

Seperti diketahui, PON XIX / 2016 Jabar akan digelar mulai September mendatang di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. GOR berstandar internasional ini baru selesai dibangun pada 31 Desember 2015 lalu.