PT KAI Ganti KA Sriwijaya Pakai Rangkaian Kereta Stainless Steel

Sapto Hartoyo, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang - lampung.antaranews.com
Sapto Hartoyo, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang - lampung.antaranews.com

Bandar Lampung – Menjelang pelaksanaan Lebaran 2019, PT Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang akan mengganti rangkaian KA Sriwijaya rute Tanjung Karang-Kertapati Palembang dengan rangkaian kereta stainless steel. Rangkaian KA Sriwijaya ini sengaja diganti guna meningkatkan kenyamanan para pengguna .

“KA Sriwijaya menggunakan rangkaian baru dengan bodi yang terbuat dari stainless steel. Sehingga diharapkan semakin nyaman melakukan jarak jauh dengan menggunakan moda transportasi kereta api,” jelas Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, seperti dilansir Lampungpro.

Lebih lanjut Sapto menerangkan, perubahan rangkaian kereta berbahan stainless steel ini akan diberlakukan sejak tanggal 26 Mei 2019 mendatang atau 10 hari menjelang Lebaran. “Perubahan itu sebagai PT KAI untuk memperbarui armadanya, meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelanggan setia KA Sriwijaya. Khususnya memasuki masa angkutan Lebaran 2019,” imbuh Sapto.

Adapun rangkaian KA Sriwijaya New Image ini terdiri dari 2 kereta kelas eksekutif, 7 kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit, dengan kapasitas mencapai 660 tempat duduk. “Kapasitasnya sama dengan rangkaian yang lama, untuk eksekutif sebanyak 50 tempat duduk untuk setiap gerbong, 80 tempat duduk untuk kelas ekonomi. Semua dengan dua toilet di setiap gerbongnya. Sedangkan rangkaian lama hanya satu toilet di setiap gerbong,” beber Sapto.

Sementara itu, untuk rangkaian kereta api yang lama nantinya pihak PT KAI Divre IV Tanjungkarang berencana memfungsikannya sebagai kereta api lokal. “Jadi semuanya nanti rangkaian baru, pakai stainless steel. Dan nanti akan ada launching-nya (peluncuran) pada 26 Mei tersebut,” ucap Sapto.

Walaupun rangkaian KA Sriwijaya nantinya menggunakan kereta api baru berbahan stainless steel, Sapto menegaskan bahwa hal itu tak akan mempengaruhi harga . “Dan juga tidak ada perubahan keberangkatan KA tersebut, yakni dari Tanjungkarang pada (malam) pukul 21.00 WIB,” pungkas Sapto.