PT KAI Kerahkan KA fakultatif selama Long Weekend

Membludaknya jumlah peminat moda angkutan di periode libur akhir pekan ini membuat mengambil inisiatif untuk mengoperasikan kereta api fakultatif miliknya.

“Menjelang libur long weekend kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj Nabi Muhamad SAW dan disambung dengan libur Sabtu-Minggu, untuk KA reguler kami maksimalkan stanformasi yang ada. Sementara untuk memenuhi permintaan, kami juga mejalankan KA fakultatif,” ujar Bambang S. Prayitno, Senior Manajer Humas PT KAI Jakarta, kemarin (2/5).

Kereta api fakultatif yang dioperasikan oleh Daop 1 Jakarta antara lain adalah KA 8F Argolawu (Gambir-Solo Balapan) yang akan dioperasikan pada tanggal 3,4,5 dan 8 Mei. Selanjutnya ada KA 40F Argojati (Gambir-Cirebon) yang dioperasikan pada 5,6,7 dan 8 Mei.

Ada pula KA 36F Argoparahyangan (Gambir-Bandung) yang beroperasi pada 4,5,6,7 dan 8 Mei. Terakhir, adalah KA 32 Argoparahyangan (Gambir-Bandung) yang beroperasi pada 3,4,5,6,7 dan 8 Mei.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa tidak semua dari Jakarta habis terjual. Contohnya, KA Argosindoro relasi Gambir-Semarang Tawang yang masih tersedia untuk 3,7,8 dan 9 Mei.

Sedangkan untuk tanggal 3,6,7,9 Mei masih tersisa untuk KA Bangunkarta relasi Gambir-Surabaya Gubeng dan KA Purwojaya relasi Gambir-Cilacap. KA Menoreh relasi Pasar Senen-Semarang Tawang juga masih tersedia untuk keberangkatan tanggal 3, 6,7 dan 8 Mei.

“Kami sarankan untuk kenyamanan pengguna jasa bisa melakukan reservasi PP, sebaran sisa seat running bisa dilihat pada saat melakukan reservasi, artinya calon bisa menggunakan atau memilih KA yang lain yang melewati tujuan, contohnya mau ke Yogyakarta bisa menggunakan KA tujuan Surabaya,” perjelas Bambang.