PT KAI Lakukan Pengecekan Intensif di Sepanjang Rel yang Potensial Banjir dan Ambles

Demi memastikan kelancaran perjalanan masyarakat menggunakan kereta api, telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga keamanan jelang musim mudik. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 dalam hal ini telah menambah personel tenaga pengawas di lapangan agar pengecekan lebih terpantau dengan intensitas lebih rapat. “Semuanya sudah siap, aman, lancer, dan terkendali,” ujar Paino, Petugas Pengawas Resort 64 Daop 6 Yogyakarta, kemarin (1/6). Menurut penuturan Paino, kondisi kereta sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Dengan melakukan pengawasan dan rutin di sepanjang kereta api.

Dalam pemeriksaan ini, ditemukan ada beberapa titik yang dicurigai rawan alam di sepanjang jalur Kabupaten Kulonprogo, yakni di Kalimenur dan Sentolo Kuwojo (perbatasan dengan Purworejo). “Dua itu yang menjadi prioritas pantauan karena rawan ( dan tanah ),” tambahnya.

Selain melakukan pengecekan, PT KAI juga telah menyiapkan sejumlah agenda untuk meningkatkan kualitas perjalanan penumpang menggunakan moda kereta api. Diantaranya adalah dengan memerintahkan sejumlah pekerja untuk menambah batuan pecah di sekitar jalur di timur . Hal ini bertujuan untuk mengurangi guncangan di dalam kereta. “Biar penumpang lebih nyaman dan tidak ada guncangan,” kata Riswanto, salah seorang petugas .