PT KAI Launching Kereta Api New Jaka Tingkir relasi Solo-Pasar Senen

New Jaka Tingkir tujuan -Pasar Senen akhirnya secara resmi dioperasikan secara penuh. Grand launching pun dilakukan oleh (KAI) di Purwosari, Solo, Senin (1/12).

Sebelumnya, Kereta api New Jaka Tingkir sejak setahun yang lalu hanya dioperasikan pada hari-hari tertentu. Pengoperasian penuh KA New Jaka Tingkir ini bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat.

“Pertumbuhan pergerakan manusia antar kota dan provinsi terus meningkat. Khususnya pada koridor Solo-Yogya-, sehingga memerlukan moda yang nyaman, aman dan mempunyai kepastian waktu tempuh,” ujar Manager Corporate Communication Daop 6 Yogyakarta, Bambang S Prayitno seperti dikutip merdeka.com.

Sementara itu, Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Sunarjo menerangkan bahwa pihaknya memenuhi janji untuk meningkatkan kenyamanan kereta api.

“Kalau dulu kita menggunakan kereta kelas 3 AC, jumlah seat 106, dengan konfigurasi seat 2 dan 3. Yang sekarang dengan wajah baru, ini kereta ke 5 pesanan PT KAI sejak Juni 2014 yang totalnya ada 5 trainset” imbuhnya.

Kerta api New Joko Tingkir memiliki kapasitas 604 tempat duduk yang terdiri dari 80 kursi kereta utama dan 62 kursi untuk 2 kereta khusus penyandang cacat, dengan konfigurasi masing-masing 2. Kereta api ini juga dilengkapi toilet flushing (ramah lingkungan) serta pendingin udara (AC).