PT KAI Luncurkan Kereta Komuter di Jawa Tengah

PT Indonesia Daops IV Semarang akan segera meluncurkan kereta komuter pada bulan september ini dengan target 75% dari seluruh rute.

Suprapto, selaku Manajer Humas mengatakan kereta komuter akan melayani rute perjalanan dari Gubug, Kabupaten Grobogan hingga ke Weleri, Kabupaten dengan jalur melewati Semarang Kota. Menurut Suprapto, rute tersebut akan menjadi jalur alternatif penumpang dari dua kabupaten yang bertujuan ke kota Semarang.

“Layanan rute untuk memfasilitasi para yang bekerja di Semarang, Peluncuran kereta komuter pada bulan ini (september). ” ujar Suprapto pada Jaringan Inbis Indonesia (11/9/2014).

Masih menurut keterangan Suprapto, jam operasional kereta akan sisesuaikan dengan jam berangkat dan pulang kerja para pekerja yakni pagi dan sore hari PP. Menurutnya, Pemberlakuan kereta komuter ini dilatarbelakangi para pekerja dari dua daerah tersebut (Gubug dan Weleri) yang sering mengeluhkan keterlambatan umum karena alasan macet. “ kereta itu pasti tepat waktu, harapannya bisa menghemat waktu di jalan yang biasanya tersendat macet, jadi kami optimis banyak pekerja beralih kepada kereta komuter. ” masih dari penuturan Suprapto.

Kereta commuter ini rencananya akan melintasi , Tegowanu, Alas Tua, Semarang Tawang, Semarang Poncol dan berakhir ke arah barat di .

Suprapto menuturkan Kereta Api Komuter adalah kereta rel diesel () dengan kapasitas 140 penumpang. Namun kereta tersebut memiliki kapasitas maksimal 150% dari jumlah tempat duduk yang tersedia, termasuk kapasitas penumpang berdiri.

Pihak Daops IV Semarang sangat optimis target penumpang pada awal peluncuran bulan ini akan mencapai 75%. Adapun yang dijual adalah Rp 20.000,- per penumpang dewasa.

jadwalkomuter-semarang
grafis:Radar Semarang
Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.