PT KAI Operasikan 5 Kereta Api Tambahan untuk Libur Nyepi

Suasana Stasiun Solo Balapan, Surakarta, Jawa Tengah - tribunnews.com

– Pada Hari Raya Nyepi kali ini PT Indonesia (KAI) menjalankan KA Argolawu tambahan sejak Jumat (16/3) lalu. KA Argolawu tambahan sengaja dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak atau liburan ke Kota Solo.

“Mulai Jumat, 16 Maret 2018, kami menjalankan KA Argo Lawu tambahan. Ini untuk mengakomodasi kebutuhan yang ingin mudik atau berlibur,” ujar Kepala Suburusan Komersial Stasiun Budi Arifin di Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/3), seperti dilansir Tempo.

Tak hanya menjalankan KA Argo Lawu Fakultatif, pihak PT KAI juga mengoperasikan KA Argo Dwipangga fakultatif untuk hari Minggu (18/3). Kereta tersebut memiliki kapasitas 450 kursi. “Kalau untuk KA Argo Dwipangga fakultatif, ini sudah beroperasi setiap hari Minggu. KA ini memang dijalankan jika diperlukan. Kebetulan permintaan tiket KA menuju Jakarta setiap hari Minggu memang selalu tinggi,” ungkap Budi.

Kereta api yang dioperasikan oleh KAI pada akhir pekan ini antara lain KA Argo Dwipangga, KA Bima, KA Gajayana, KA Argo Lawu, dan KA Argo Lawu fakultatif. untuk libur panjang ini telah dipesan oleh calon penumpang sejak 3 bulan lalu. Seluruh kelas mematok batas atas, yaitu Rp 450 ribu per tiket.

“Seperti biasa, kalau menjelang libur panjang seperti ini semua perjalanan kereta api reguler penuh. Bahkan untuk weekend biasanya juga penuh. Jadi, karena ada tambahan libur di hari Sabtu, permintaan tiket KA untuk perjalanan Jakarta-Solo meningkat sehingga dijalankan KA Argolawu fakultatif Jumat sore dari Jakarta,” kata Budi.

Pengoperasian kereta api fakultatif tersebut diperkirakan akan menambah jumlah pengguna jasa stasiun. Di sisi lain, sampai hari Kamis tidak ada maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight di Adi Soemarmo, Solo. Akan tetapi pihak manajemen memperkirakan selama libur kali ini terdapat kenaikan penumpang dari rata-rata 4.000 orang menjadi 4.500-5.000 orang per hari.

Menurut Airport Operation, Services, and Hospitality Section Head PT AP I Bandara Adi Soemarmo, I Wayan Ova Arantika, jumlah penumpang pada libur Hari Raya Nyepi kali ini dipastikan akan meningkat walaupun tidak terlalu signifikan. “Karena hanya ada tambahan libur satu hari itu pun Sabtu. Kalau liburnya hari Jumat mungkin antusiasme pengguna jasa untuk liburan lebih banyak lagi,” tandasnya.