PT KAI Pesan 6 Kereta Baru untuk Angkutan Lebaran

Madiun – PT Industri (INKA) di Madiun tengah berusaha merampungkan 6 rangkaian pesanan yang akan digunakan sebagai angkutan nantinya.

“Targetnya 4 (K3) dan 2 (K1) sebelum lebaran sudah diserahkan ke PT KAI. Sebab, kereta-kereta tersebut akan digunakan untuk mendukung angkutan Lebaran tahun 2016,” kata Cholik Mochamad Zam Zam, Senior Manager Secretary, Public Relations, dan CSR , kemarin (27/2).

Cholik menuturkan bahwa dari 4 rangkaian kereta yang digarap, 2 diantaranya adalah rangkaian kereta panjang yang mengangkut 15 gerbong. Sementara untuk rangkaian kereta biasa jumlah gerbongnya hanya mencapai sekitar 10 gerbong. Ia juga menjelaskan jika rangkaian K1 dan K3 yang dipesan tersebut merupakan model terbaru yang belum pernah diproduksi selama ini. Kereta ini nantinya akan mengusung desain, warna, maupun model interior yang berbeda dengan kereta kebanyakan.

“Rencana untuk K1 atau kereta eksekutif akan diserahkan ke PT KAI pada awal Maret ini. Sedangkan K3 rangkaian panjang masih butuh waktu pengerjaan yang agak lama,” terangnya.

Selama ini, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menjadi pelanggan terbesar PT INKA dengan jumlah pesanan mencapai 75-80% dari seluruh kontrak yang ada. Sedangkan sisanya diperoleh dari pasar swasta dan ekspor di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, dan Bangladesh.