PT KAI Prediksi 14 Juni 2018 Jadi Puncak Arus Mudik di Stasiun Senen

Arus mudik di Stasiun Pasar Senen - www.merdeka.com

Jakarta – Masa mudik 2018 semakin dekat. Senen, Jakarta Pusat pun kini sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi musim mudik Lebaran. Puncak arus mudik Lebaran di Senen sendiri diperkirakan berlangsung pada tanggal 14 Juni 2018 mendatang.

“Puncak arus mudik di Stasiun kami prediksi pada 14 juni 2018,” ujar Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasi (Daop) 1 Edy Kuswoyo, Jumat (1/6), seperti dilansir Medcom.

mempersiapkan 25 kereta api reguler dan 7 kereta tambahan selama memasuki masa angkutan mudik di Stasiun Senen, atau mulai tanggal 5-25 Juni 2018. Selain itu, pihak juga sudah melakukan berbagai persiapan seperti membuka posko keamanan, posko , dan pengaduan masyarakat. “Melibatkan 1.200 personel untuk melakukan pengamanan, terdiri dari security internal, TNI, Polri, dan Brimob yang akan diberlakukan dari tanggal 5-26 Juni 2018,” beber Edy.

Tersedia pula pendukung di Stasiun Pasar Senen layaknya ruang ibu menyusui, ruang tunggu tambahan, toilet gratis, hingga ruang kesehatan. yang disediakan tersebut diharapkan dapat mendukung kelancaran para pengguna jasa kereta api yang hendak mudik ke daerah asalnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Pasar Senen Zainul mengatakan, jumlah penumpang pada H-14 Idul Fitri mencapai 16.525 orang. “Kalau data di kami tanggal 7 Juni itu sudah meningkat maksimal ya. Tanggal 7 bisa sampai 25 ribu (penumpang) lebih,” papar Zainul.

Mulai pekan depan, 5-26 Juni 2018 kereta api akan mencapai puncaknya hingga mencapai 33 . “Sudah ada 7 kereta tambahan. Ada Kertajaya Lebaran, Matarmaja Lebaran, Kutojaya Lebaran, Sawunggalih Lebaran, Mataram Lebaran Premium,” ucap Zainul.

Sementara itu, Edy juga mengingatkan para penumpang untuk menyesuaikan kedatangan dengan kereta yang hendak dinaiki. Penumpang pun disarankan untuk datang di stasiun sekitar 1 jam sebelum keberangkatan kereta supaya tak terkena antrean atau penumpukan penumpang. Pasalnya akan ada sekitar 700 ribu penumpang yang diperkirakan mudik dari Stasiun Senen dan Gambir.

“Selain itu yakinkan sesuai KTP atau identitas lain, membawa barang secukupnya agar tidak mengganggu penumpang lain dan tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan agar tidak menarik niat jahat orang,” tutup Edy.