PT KAI Segera Bangun Container Yard di Stasiun Kalimas dan Kandangan

container yard
container yard (lapangan penumpukan kontainer)

SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 berencana untuk melakukan (lapangan penumpukan) di dua , yaitu Kalimas dan Kandangan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas angkutan barang.

Konsentrasi pembangunan container yard di dua stasiun itu dilakukan seiring dengan purnanya pembangunan jalur rel ganda kereta api ().

“Untuk pengembangan di (stasiun) Kalimas, fokus utamanya adalah perluasan dan penguatan lahan untuk container yard. Semua angkutan barang dari memang dikonsentrasikan ke Kalimas,” jelas Executive Vice President Junaedi kemarin (3/9).

Pengembangan container yard di Stasiun Kalimas itu dilaukan dengan memperluas lahan hingga ke sisi utara yang selama ini masih ditempati warga. Perluasan itu akan memperluas area menjadi 5 hektar dari kondisi eksisting yang mencapai 2,5 hektar.

Menurut Junaedi, rata-rata aktivitas bongkar muat di seluruh stasiun barang mencapai 200 menit atau sekitar lebih dari 3 jam. PT KAI Daops 8 akan menekan aktivitas bongkar muat menjadi 150 jam.

Upaya untuk menekan iddle time (waktu terbuang) tersebut tidak dilakukan dengan menambah peralatan, tetapi dengan mempercepat . lainnya adalah pengembangan Stasiun Kandangan sebagai salah satu antisipasi kemungkinan lonjakan barang. Sebab, lokasi Kandangan yang berdekatan dengan Terminal Multipurpose cukup strategis. (radarsby/yud)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.