PT KAI Tambah 4 Perjalanan KA Argo Parahyangan Rute Bandung-Jakarta

PT KAI menambah empat perjalanan KA Argo Parahyangan rute Bandung-Jakarta - ekbis.sindonews.com
PT KAI menambah empat perjalanan KA Argo Parahyangan rute Bandung-Jakarta - ekbis.sindonews.com

Bandung – Seiring dengan melonjaknya Bandung-Jakarta, PT Indonesia (KAI) menambah 4 KA Argo Parahyangan untuk mengakomodir kepadatan penumpang pada relasi Bandung-Jakarta dan sebaliknya.

Direktur Keselamatan dan Keamanan merangkap Direktur Komersial (Persero) Apriyono Wedi Chresnanto mengungkapkan jika pihaknya melihat adanya lonjakan penumpang KA Bandung-Jakarta dan sebaliknya. Oleh sebab itu menambah perjalanan KA Argo Parahyangan sejak Selasa (27/2) lalu. “KA baru memiliki kapasitas penumpang sebanyak 400 tempat duduk per rangkaian (trainset), yang terdiri dari delapan , satu makan (restorasi), dan satu pembangkit,” jelas Apriyono, seperti dilansir Sindonews.

Berikut ini perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru:

  1. No KA KP / 11232 Relasi Gambir – Bandung – Kiaracondong berangkat pukul 06.15 WIB tiba di Bandung pukul 09.54 WIB dan di Kiaracondong pukul 10.13 WIB.
  2. No KA KP / 11161 Relasi Kiaracondong – Bandung – Gambir berangkat dari Kiaracondong pukul 12.45 WIB, Bandung pukul 13.05 WIB dan tiba di Gambir pukul 16.39 WIB.
  3. No KA KP / 11234 Relasi Gambir – Bandung berangkat pukul 17.02 WIB tiba pukul 20.19 WIB.
  4. No KA KP / 11163 Relasi Bandung – Gambir berangkat pukul 20.50 WIB tiba pukul 00.21 WIB.

Keempat kereta tersebut sekaligus menambah jadwal keberangkatan kereta relasi Jakarta-Bandung pergi pulang (PP) menjadi 22 kali perjalanan. Sebelumnya KA Argo Parahyangan rata-rata hanya melayani 18 perjalanan sehari pada weekday (Selasa-Kamis) menjadi 22 perjalanan, dan 24 perjalanan PP sehari pada akhir pekan (Jumat-Senin) menjadi 28 perjalanan. “Kami berharap dengan adanya penambahan jadwal ini, volume rata-rata penumpang KA Argo Parahyangan per hari naik sebesar 15,3% dari yang semula 10.432 orang menjadi 12.032 orang,” ungkapnya.

KA Argo Parahyangan menggunakan rangkaian armada baru yang berbodi stainless steel, sehingga lebih tahan karat dan memiliki cat stripping minimalis. Selain tampilan luarnya lebih menarik, bagian interior juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas seperti toilet di tiap sebanyak 2 buah yang letaknya bersebelahan. Kemudian kereta ini memiliki sandaran kaki lebih fleksibel, lampu tidur dan baca, meja mini yang bisa dilipat di sandaran tangan, dan bagasi kabin dengan pembatas.

“Kami berharap rangkaian baru KA Argo Parahyangan ini sebagai salah satu alternatif moda yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat yang bepergian pada rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Fasilitas pada rangkaian KA baru tersebut terus kami tingkatkan untuk memenuhi harapan pengguna jasa KAI,” kata Apriyono.