PT KAI Terapkan Bagasi Gratis dalam Kereta, Ini Syarat dan Ketentuannya

Penumpang Kereta Api - beritatrans.com
Penumpang Kereta Api - beritatrans.com

– Setelah penerapan bagasi berbayar dan mahalnya domestik saat ini, mungkin telah menyurutkan minat para traveler atau backpacker untuk bepergian. Namun sebenarnya tak ada alasan untuk mengurungkan niat menjelajahi Indonesia. Pasalnya PT Api Indonesia (KAI) menggratiskan bagasi untuk para yang hendak berlibur. Setidaknya ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi untuk menikmati bagasi gratis dalam ini.

Berikut syarat dan ketentuan bagasi dalam :

  • Bagasi yang memiliki berat atau ukuran setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm).
  • Diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.
  • Tidak diperbolehkan membawa senjata api, makanan yang berbau menyengat, hewan peliharaan, narkotika, serta barang yang mudah terbakar.

Saran Pengemasan:

  • Apabila membawa koper atau tas harus bervolume maksimal 100 dm3.
  • Apabila membawa sepeda lipat harap dikemas berupa komponen terpisah dan tidak membahayakan.
  • Apabila membawa kereta bayi atau kursi roda harap dikemas dengan rapi agar tidak memenuhi tempat.

“Penumpang yang membawa barang sesuai ketentuan ini tidak akan dikenakan biaya tambahan alias gratis. Penumpang juga bisa langsung melakukan validasi dan dipersilahkan naik ke gerbong kereta api tanpa melalui prosedur tambahan. Bagi penumpang yang membawa barang melebihi 20 kilogram namun kurang dari 40 kilogram; atau melebihi 100 liter tapi kurang dari 200 liter, wajib membayar bea kelebihan bagasi sebelum diperbolehkan naik ke gerbong kereta api,” demikian bunyi ketentuan dari KAI.

Apabila melebihi ketentuan bagasi yang berlaku, maka akan dikenai biaya berdasarkan kelas tempat duduk yang dinaiki. Sebagai informasi, untuk kursi atau seat kelas eksekutif, bea kelebihan bagasi sebesar Rp 10 ribu per kilogram, kemudian untuk kelas Bisnis Ekonomi Komersial kelebihan bagasi sebesar Rp 6 ribu per kg, dan untuk kelas Ekonomi (PSO) kelebihan bagasinya adalah Rp 2 ribu per kg.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*