PT KAI Turut Ramaikan Pekan Kreatif Nusantara

Pada acara Pekan Kreatif Nusantara yang digelar GOR Jetayu pada hari Sabtu (4/4) lalu di , PT (KAI) ikut memajang benda-benda bersejarahnya. Keikutsertaan ini merupakan salah satu upaya mengoptimalkan aset-aset yang menjadi benda cagar budaya. “Aset di seluruh tetap dijaga dan dilestarikan,” kata Sapto hartoyo, Manajer Manajemen PT KAI saat diwawancara di sela acara kemarin. Pada salah satu stan, PT KAI memajang miniatur lokomotif kereta dan sejumlah foto yang memiliki nilai yang dijaga oleh beberapa petugas PT KAI mengenakan pakaian serba putih.

Diakui oleh PT KAI, bahwa hingga saat ini masih banyak potensi milik PT KAI yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Inilah yang menjadi motivasi PT KAI untuk terus melakukan promosi dengan mengikuti sejumlah event di Indonesia. “Selain berwisata, pengetahuan masyarakat mengenai sejarah perkeretaapian bisa ditingkatkan. (Hal) yang kami tekankan ke masyarakat terkait sejarah perkeretaapian, adalah banyaknya peninggalan benda (bersejarah) berupa bangunan, maupun (lokomotif) kereta, (yang menunjukkan) bahwa Indonesia zaman dulu sudah maju,” tegas  Sapto.

Keikutsertaan PT KAI pada acara-acara seperti ini tampaknya telah membuahkan hasil. Terbukti dengan meningkatnya pengunjung Lawang Sewu yang mencapai 2 kali lipat pada tahun 2014 kemarin. “Pengunjung Lawang Sewu terus meningkat. Sepanjang 2014 jumlah pengunjungnya mencapai 483.068 orang, Sedangkan pada 2013 lalu jumlah pengunjungnya sebanyak 233.559 orang. Berarti kan ada peningkatan 2 kali lipatnya,” ungkap Sapto.