Punya 4 Poliklinik, Rail Clinic KAI Layani Kesehatan Gratis di Pulau Jawa

railclinic-setail
railclinic-setail

– PT Indonesia memiliki atau ambulans yang siap memberikan pelayanan pengobatan gratis untuk masyarakat. Pada Selasa (11/4) lalu RC berkunjung ke daerah Sepanjang, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur dan memberi kesehatan gratis untuk 300 warga. Kelak tersebut akan keliling Jawa dan melayani pengobatan gratis untuk warga di sekitar rel kereta api.

Menurut Kepala Daop 8 Surabaya, Andika Tri Putranto, kereta ambulans tersebut terdiri dari 2 dan memiliki 4 layanan poliklinik, antara lain poli umum, gigi, kandungan, dan mata. “Ada lima dokter yang siaga beserta lab penunjang serta ruang farmasi untuk suplai obat,” papar Andika.

Salah seorang warga bernama Yunarti yang memperoleh layanan kesehatan dari rail clinic mengaku takjub karena baru pertama kali melihat ambulans dalam wujud kereta. “Ambulans kan biasanya mobil dari rumah sakit. Ini bentuknya kereta. Baru tahu saya. Seperti rumah sakit berjalan. Saya senang sudah dirawat,” ucap Yunarti.

Rail Clinic sengaja disediakan sebagai bagian dari program pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR) PT KAI dalam memberikan layanan kesehatan yang layak untuk masyarakat. Bahkan rail clinic juga dapat menjadi sarana untuk memberikan bantuan kesehatan untuk wilayah yang terkena bencana alam.

Misalnya saja saat Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilanda banjir beberapa waktu lalu, kereta ambulans hadir untuk memberikan pengobatan gratis pada korban bencana alam. “Selama ada akses rel di daerah tersebut, kami upayakan RC hadir,” katanya.

Menurut Andika, keberadaan rail clinic juga bisa sekaligus menjadi media untuk kampanye dan promosi bagi masyarakat agar lebih memilih memakai moda kereta api. “Ini baru unit pertama, baru bisa menjangkau Jawa saja. Kemungkinan selanjutnya akan ada tambahan RC lagi yang melayani Daop di luar Jawa,” tandasnya.