Rail Clinic Beri Layanan Kesehatan & Kacamata Gratis di Stasiun Pesisir Serang

Dadan Rudiansyah, Executive Vice President PT KAI Daop I Jakarta - merahputih.com
Dadan Rudiansyah, Executive Vice President PT KAI Daop I Jakarta - merahputih.com

Serang – Usai mengunjungi beberapa wilayah di Indonesia, kini atau milik PT Api Indonesia (KAI) giliran memberi kesehatan gratis untuk masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Pesisir Karangantu, tepatnya di daerah Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Rail Clinic sendiri adalah wujud komitmen untuk memberi pelayanan lebih pada masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jalur KA supaya bisa menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. Menurut Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah, Rail Clinic generasi ke-4 tersebut dilengkapi pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti halnya rumah sakit.

“Salah satu pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan layanan kesehatan di daerah yang kurang terjangkau oleh kendaraan. Jadi, pelayanan kesehatan gratis yang dapat dinikmati masyarakat di dalam Rail Clinic ini adalah layanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium sederhana, serta pelayanan kefarmasian. Kami berharap kegiatan bakti kesehatan ini mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, serta menambah pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya bersama sama menjaga keselamatan kereta api melalui sosialisasi yang diberikan,” ujar Dadan di Serang, Selasa (7/8), seperti dilansir Sindonews.

Tak hanya memberikan layanan kesehatan gratis, PT KAI juga membagikan 45 kacamata pada siswa SDN Karangantu, sosialisasi tentang keselamatan perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, terutama di lintas Serang-Merah, dan pembagian 200 paket sembako untuk warga setempat.

Pada kegiatan bakti sosial pemberian layanan kesehatan gratis ini, PT KAI berharap bisa meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, serta menambah pengetahuan dan kesehatan mengenai pentingnya menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

PT KAI sendiri menyiagakan 26 personel yang terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 dokter mata, 2 tenaga laboratorium, dan 17 perawat. “Kereta ini ada empat untuk pelayanan kesehatan lengkap, dan dua untuk perpustakaan yang berisikan 328 judul buku-buku manual, dan 128 judul e-book,” ungkapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*