Rail Clinic Giliran Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga di Stasiun Keramasan

Rail Clinic Layani Pemeriksaan Kesehatan - republika.co.id
Rail Clinic Layani Pemeriksaan Kesehatan - republika.co.id

Palembang bakti sosial pemeriksaan oleh (KAI) hingga kini ternyata masih bergulir. Setelah sebelumnya melayani pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga di Purworejo, kini kereta kesehatan milik , Rail Clinic juga melayani pemeriksaan kesehatan masyarakat Palembang di sekitar Keramasan.

Rail Clinic yang dioperasikan oleh PT Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang adalah rail clinic generasi ke-2 yang merupakan rangkaian dari 2 kereta retrofit atau Kereta Rel Diesel (KRD) yang sudah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, di mana masing-masing kereta dilengkapi dengan tata ruang dan jenis kesehatan berkualitas.

“Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic, adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama,” ujar Kepala PT KAI Divre III Palembang, Hendy Helmy, Kamis (19/7), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Hendy memaparkan, Rail Clinic yang dimiliki PT KAI dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin untuk ibu hamil. “Untuk kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan. Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi serta ruang farmasi,” kata Hendy.

Rail Clinic generasi kedua ini kabarnya juga sedikit berbeda dari generasi sebelumnya. Perbedaan yang terlihat adalah dari penambahan peralatan medis untuk pemeriksaan mata yang telah memakai alat digital, sedangkan di generasi pertama masih manual. “Dental unit pada Rail Clinic generasi kedua ini pun sudah dilengkapi TV monitor sehingga memudahkan pemeriksaan gigi. Selain itu genset kereta pada Rail Clinic generasi kedua ini pun tidak sebising pada generasi sebelumnya sehingga tidak mengganggu pelayanan,” paparnya.

Kemudian untuk desain interior kereta kesehatan generasi teranyar ini juga lebih minimalis, sehingga memiliki ruang yang lebih luas, dengan ruang istirahat untuk petugas kesehatan dan kru KA yang dirancang lebih nyaman. Rail Clinic di Stasiun Keramasan beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB dan pelayanan ini akan kembali disediakan 1 kali selama 3 bulan.

“Paling cepat kita operasional kereta ini kembali paling cepat 2 bulan satu kali dan paling lama tiga bulan satu kali, Rail Clinic ini akan beroperasi bukan hanya di Keramasan saja, akan tetapi di pemukiman masyarakat yang dekat di sepanjang rel,” tandasnya.