Rail Clinic Layani Pengobatan Gratis untuk Warga Sekitar Stasiun Jenar Purworejo

Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta - www.tribunnews.com
Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta - www.tribunnews.com

Purworejo – PT Indonesia () Daop VI Yogyakarta menyelenggarakan bakti sosial dengan menyediakan gratis di Jenar Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Selasa (10/7). gratis tersebut dilakukan dalam bernama yang melayani sekitar 263 warga Desa Jenar Wetan dan Bragolan Purwodadi.

Menurut Manajer Humas Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, pengobatan gratis ini adalah wujud tanggungjawab sosial dari perusahaan terhadap masyarakat. “ beroperasi di wilayah Kecamatan Purwodadi, tentu kami ingin berbagi dengan masyarakat sekitar jalur kereta dan stasiun,” kata Eko, seperti dilansir KRJogja.

Layanan kesehatan yang disediakan terdiri dari pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, dan pelayanan kefarmasian. Rail Clinic generasi ke-4 tersebut terdiri dari 2 . “Semua pelayanan kesehatan itu dilakukan di dalam kereta dan tidak pungut biaya alias gratis,” sambung Eko.

Selain rail clinic, 2 gerbong tambahan juga difungsikan untuk rail library atau perpustakaan di dalam kereta. Para warga pun dapat menikmati fasilitas monitor layar sentuh dengan jaringan internet secara gratis di dalam rail library. “Buku-buku bacaan dari berbagai bidang juga disediakan, ada bidang kesehatan, pendidikan, sejarah, agama dan budaya, hukum, novel, teknologi informatika, cerita anak dan lain-lain. Warga bisa baca sambil duduk di kursi dalam perpustakaan atau di ruang belajar yang didesain seperti bangku dalam kereta api pada umumnya,” papar Eko.

Sebelum melaksanakan pengobatan gratis, pihak KAI bersama Dinkes Purworejo telah melakukan sosialisasi kesehatan pada seluruh undangan. Perseroan juga membagikan kacamata gratis untuk 38 siswa SD Bragolan dan SD Jenar Wetan yang membutuhkan.

Menurut Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto, Rail Clinic dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang bermukim di sekitar jalur kereta yang sulit dilalui oleh kendaraan lain. Adanya Rail Clinic juga sekaligus upaya PT KAI untuk mendekatkan diri dengan masyarakat di sekitar jalur kereta. “Kesehatan masyarakat terlayani, imbasnya kami harapkan mereka mau sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta dan aset-aset milik KAI,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*