‘Rail Clinic’ Pertama di Indonesia Layani Warga Sukabumi

– Dua rangkaian kereta berwarna putih bertuliskan “Rail Clinic” terparkir di Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat. Kereta medis pertama di Indonesia ini tiba di Sukabumi pada Rabu pagi (13/4), sekitar pukul 09.00 WIB. Sedianya, Rail Clinic akan memberikan gratis kepada 200 warga di wilayah Kecamatan Parungkuda.

“Ada 200 warga yang hari ini akan kita berikan layanan kesehatan gratis. Selain itu ada 50 siswa sekolah dasar yang juga akan kita berikan kacamata gratis. Ini bagian dari program peduli,” ujar Setyowati, Senior Manager Kesehatan Daop I Jakarta.

Disebutkan oleh Setyowati, dalam dua rangkaian gerbong kereta tersebut telah ditempatkan 5 orang petugas spesialis kesehatan. Selain memberikan kesehatan, Rail Clinic juga akan melakukan penyuluhan kesehatan kepada sejumlah warga yang tinggal di sekitar Stasiun .

“Ada kesehatan mata, dokter umum dan dokter gigi. Rekan-rekan dokter yang bertugas di setiap Daop dilibatkan setiap kali kita membuka layanan kesehatan seperti ini,” paparnya.

Lalu, layanan apa saja yang tersedia di Rail Clinic? Berikut detailnya:

Kereta 1 Ruang monitoring dokter
Ruang tindakan (emergency) sekaligus ruang pemulihan (recovery) Pelayanan emergency yang dapat diberikan meliputi : bantuan hidup dasar (basic life support seperti CPR), alat monitoring tanda vital pasien, alat shock/kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung (electrocardiography), penanganan pertama kasus trauma, lampu baca hasil rontgen
Ruang pemeriksaan gigi Pemberian pelayanan kesehatan gigi
Ruang laboratorium Pelayanan pemeriksaan laboratorium sederhana
Kereta 2 Ruang pemeriksaan ibu hamil, menyusui dan bersalin Pelayanan Antenatal Care (ANC), ruang menyusui dan persalinan normal (jika terdapat kasus emergency persalinan)
Ruang pemeriksaan umum dan edukasi Pemberian Pelayanan umum oleh dokter umum meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan mata, THT, dll sekaligus memberi edukasi perihal kesehatan
Ruang pelayanan farmasi Pemberian pelayanan kefarmasian (pengambilan obat) dan konsultasi obat

“Sejak beroperasi November lalu, Rail Clinic baru menjalankan tugasnya di Yogyakarta, Rangkasbitung dan Sukabumi. Rencananya Mei nanti kami akan menyusuri di Semarang,” pungkas Setyowati.