Railbus Rute Solo-Wonogiri Bertiket Murah Beroperasi Bulan Depan

PT akan mengoperasikan jenis relasi Solo-Wonogiri pada Februari mendatang. Betara Kresna disiapkan guna melayani masyarakat di wilayah Solo, Sukoharjo dan Wonogiri dengan murah.

Kereta api buatan PT Inka Madiun tersebut memanfaatkan sepanjang 34 Kilometer yang ‘menganggur’ dalam tiga tahun terakhir. itu terakhir kali digunakan oleh kereta feeder KA Senja Bengawan tujuan Solo-Jakarta.

Manager Corporate Communication Daop 6 Yogyakarta Bambang S Prayitno mengatakan, untuk mendukung itu, terus berkoordinasi dengan tiga kabupaten yang dilintasi railbus tersebut.

“Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah di Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri,” katanya, Selasa (27/1/2015) seperti dikutip metrotvnews.com.

Pengoperasian railbus itu diharapkan dapat menjadi sarana transportasi alternatif masyarakat ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

Pengadaan kereta api ini memakan anggaran sekitar Rp17 miliar dan mendapat . Namun PT KAI belum memutuskan besaran tarif yang akan dikenakan untuk setiap .

“Railbus Batara Kresna ini akan dioperasikan sebagai kereta api perintis. Yang jelas tarifnya di bawah Rp5 ribu per penumpang,” ujar Bambang.

Sebenarnya, railbus Batara Kresna diresmikan pada tahun 2011 lalu. Hanya saja, pengoperasiannya terhenti karena perlu perbaikan jalur rel dari Solo menuju Wonogiri. Selain itu, kereta api tersebut pada saat itu belum mendapat subsidi sehingga tiketnya cukup mahal.